Kota Banjar Siap Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi

  • Whatsapp
Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat
Wakil Wali Kota Banjar (kiri) Kepala DInas DPMPD Provinsi Jabar (kanan).

REGIONAL, Bandung-Sakata.id:– Kota Banjar siap mengikuti Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021. Bahkan Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana memastikan perwakilan Desa dan Kelurahan Kota Banjar tahun ini lebih siap.

Hal tersebut disampaikan Nana pada Rapat Koordinasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Jawa Barat, di Aula Mutawali Kantod Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa Provinsi Jabar, Bandung, Kamis (27/5/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan lomba desa dan kelurahan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan desa/kelurahan, serta memberikan motivasi untuk bersaing secara sportif dan positif, dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. “Pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat juga harus maksimal,” kata Nana.

Penanganan Covid-19 Jadi Unsur Penilaian

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mengatakan indikator penilaian tahun ini berbeda dengan penilaian tahun sebelumnya. Tahun ini bertambah satu indikator tentang penanganan Covid-19 di setiap wilayah.

BACA JUGA: Ketua DPC PDIP Kota Banjar: Seluruh Kader Harus Bekerja Keras dan Solid

Aspek bidang pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi pemerintah desa, keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya.

Sedangkan aspek kewilayahan, diantaranya pemetaan rawan bencana dan konflik, luas dan batas-batas wilayah. Aspek di bidang kemasyarakatan mencakup keaktifan PKK, kegiatan ke keagamaan atau peran serta masyarakat dalam pembangunan di desa dan peran BUMdes dalam meningkatkan pendapatan APBdes.

Sedangkan aspek penilaian penanganan Covid-19 akan dinilai peran aktif dari pemerintah desa/kelurahan bersama-sama dengan masyarakat, dalam upaya bersama memutus penularan serta penanganan Covid-19 di tingkat desa.

Aspek Penilian Merupakan Kegiatan Rutin di Desa / Kelurahan

Saat dimintai keterangan Wakil Wali Kota Nana Suryana mengatakan, keseluruhan aspek yang dinilai merupakan kegiatan dan program yang rutin dilaksanakan dalam pelayanan kepada seluruh masyarakat di Kota Banjar. Dengan demikian setiap desa/kelurahan yang mewakili Kota Banjar, dipastikan telah siap dalam mengikuti perlombaan ini.

“Melalui Lomba Desa Kelurahan ini, saya berharap muncul inovasi baru dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Khusus dalam penanganan Covid-19, peran aktif pemerintah desa dan kelurahan masuk pada penilaian,” Nana Suryana.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *