Kopi Datum, Berasa Ngopi di Rumah Temen

  • Whatsapp

Bisnis, Sakata.id: Kopi Datum salah satu kedai kopi yang masih bisa bertahan di tengah kelesuan ekonomi yang bentrok dengan pandemi Covid p19.

Mengusung konsep berasa ngopi di rumah temen, pemilik kedai membuat nuansa tempat serasa di rumah, tidak seperti di kafe pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Artisitik tempat di muka, pun sengaja di tampilkan rak berisi buku-buku bacaan. Seperti di rumah temen, kamu bisa ngopi sambil baca-baca buku yang ada di sana. Tapi gak bisa dibawa pulang.

Mengalami berbagai macam kendala tak membuat bisnis kopi yang satu ini mundur. Datum kopi juga memiliki pilihan varian kopi atau non kopi yang cukup banyak juga.

Jadi,  buat kalian yang cari cafe dan menyediakan minuman non kopi,  Datum bisa jadi pilihan.

Ngopi di Rumah Temen

Jika Anda mau menikmati ngopi di rumah temen yang enak di Tasikmalaya bisa langsung datang ke lokasi. Alamat Kopi Datum ada di Jalan Sukasenang nomor 18 kelurahan lengkongsari,  kecamatan Tawang, kota Tasikmalaya

Lokasinya tenang meski tidak terlalu jauh dari jalan raya. Meski kadang-kadang terdengar suara kereta api lewat juga hehe.

Kamu bakal dikasih suguhan taman penuh tanaman hijau,  kolam ikan dan tak ketinggalan Wifi juga. Kalian juga bisa request lagu ke ownernya.

Bagi yang suka baca juga disini tersedia banyak sekali bacaan. Mulai dari majalah tempo dulu,  sampai buku bacaan islami.

Filosofi Nama Datum

Nama Datum ini bagi anak-anak fakultas teknik mungkin sudah tak asing. Datum  adalah parameter untuk acuan yg digunakan anak teknik.

Nama Datum dipilih untuk menjadi acuan gaya baru menikmati kopi. Nama Datum juga jadi singkatan yaitu datang untuk menang.

Sementara itu logo yang digunakan adalah segienam. Rupanya ada filosofinya juga loh,  segienam itu merupakan titik stabil sebuah geometri.

Kedai kopi ini memiliki beberapa menu unggulan dan disukai para pecinta kopi di Tasikmalaya. Produk unggulan susu aren,  kopi datum dan untuk non kopi yang paling enak dan disukai yaitu green tea dan thai tea.

Oh ya,  kopi aren yang disediakan ini juga punya ciri khas tersendiri. Karena Arennyan itu merupakan produksi sendiri,  jadi punya cita rasa berbeda.

Perjalanan Panjang Owner Kedai

Dita Sukma (29) adalah founder dari Kopi Datum menjelaskan lika liku bisnis di Tasikmalaya. Awal memulai bisnis ini karena karena melihat adiknya Fauzi Sukma (26) yang hobi mengolah kopi.

Fauzi terus belajar secara otodidak hingga menemukan perpaduan yang sempurna. Hingga akhirnya menemukan komposisi sempurna dari kopi.

Mengetahui rasa kopi yang enak ini  kakaknya bernama Dita Sukma langsung memberikan ide untuk dijadikan komersil.

Fauzi yang merupakan karyawan di salah satu perusahaan pertambangan pun mencari tantangan baru.

Adik kakak ini langsung membuat kopi datum dan dibantu juga dengan teman. Cabang pertama dibuat di jalan sutisna senjaya, lokasi yang strategis pada tahun 2019.

Menu pertama yang ditawarkan adalah Kopi Datum,  Americano,  Kopi Aren, Green Tea dan Thai Tea. Rupanya penerimaan masyarakat juga cukup baik.

Kurang dari setahun,  Datum pun membuka cavang baru di daerah universitas Siliwangi (Unsil).

Perjuangan Bisnis Di Masa Pandemi

Kemajuan yang cukup pesat ini tak bisa Namun ga lama karena pandemi covid 19.

Pas psbb 1 di sutsen mulai mengalami penurunan namin bisa teratasi. Pada saat ada PSBB jilid 2 Datum mulai down, karena jam malam dan lain-lain.

Imbasnya karyawan yang awalnya 7 orang menjadi 5. Karena terus mengalami penurunan akhirnya cabang Unsil dan Sutisna Senjaya pun tutup.

Siasat Berbisnis di Masa Pandemi

Datum memiliki teknik atau siasat agar bisnis bisa bertahan di masa pandemi. Siasat ini bisa digunakan oleh siapa saja yang ingim bertahan

  • Lebih mengarahkan customer secara online.
  • Promo yg menarik di aplikasi gojek.
  • Pangkas stock bahan baku.
  • Lebih kejar cash flow agar uang tidak tertahan di bahan.
  • Terus menambah menu baru salah satu yang  terbaru di Datum adalah kopi regal,  rum hazelnut, bahkan menyediakan  Cold latte dijual botolan juga.

Kopi Datum terus melangkah meski PPKM berlanjut dan mampu bertahan di tengah persaingan kafe di Tasikmalaya. Jika Kamu cari tempat ngopi yang tenang Datum bisa jadi tempat yang pas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *