Polda Jabar Turun ke Banjar Lakukan Penilaian Satkamling

  • Whatsapp

Regional, BANJAR: Tim penilai dari Direktorat Pembinaan Masayarakat (Dir Binmas) Polda Jabar melakukan penilaian Satkamling di Kota Banjar.

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakil Direktur (Wadir) Binmas Polda Jabar, AKBP Mohammad Rois, S.I.K., S.H., M.H., itu digelar pada Kamis (25/11/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

Rois didampingi Kapolres Banjar, AKBP., Ardiyaningsih, S.I.K., M.Si., melaksanakan kegiatan penilaian di Satkamling, yang berlokasi di Dusun Karangpucung, RT 29, RW 10, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir ASDA 1 Pemerintah Kota Banjar, Kapolsek Banjar AKP., Sudi Hartono, S.Sos., Kasat Binmas Polres Banjar IPTU Atang Efendi, Camat Kecamatan Banjar.

Kemudian hadir juga Perwakilan Subdenpom Banjar, Anggota Polres Banjar, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Balokang, Kepala Desa Balokang, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Desa Balokang, Petugas Sat Kamling RT 029 RW 10 Dusun Karang Pucung, Desa Balokang, Kecamatan Banjar.

Dalam Kegiatan tersebut Wadir Binmas,  menyampaikan rasa syukur dirinya bersama tim bisa hadir di tengah-tengah Muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat ,warga  untuk bersilaturahmi dengan warga masyarakat Desa Balokang.

Ia menjelaskan, Satkamling adalah Pam Swakarsa yang menjadi suatu bagian penyelenggara fungsi Kepolisian. Khusus di wilayah tertentu yang memiliki kewenangan Kepolisian terbatas.

Tugas Satkamling, kata dia, adalah untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah. Dengan melaksanakan kegiatan turjawali.

Legalitas penunjukan Satkamling dibuat dengan kesepakatan bersama warga setempat. Dan selanjutnya diberikan surat keputusan oleh kepala desa setempat.

Senada dengan Rois, Kapolres Banjar mengatakan bahwa perlombaan Satkamling tersebut dilaksanakan rutin setiap tahun oleh Dir Binmas Polda Jabar.

Untuk tahun ini Satkamling di Desa Balokang sebagai perwakilan dari Polres Banjar.

Dia mengungkapkan, sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat memberikan pelatihan-pelatihan kepada Satkamling. Hal itu untuk menunjang tugas di lapangan.

Serta diharapkan, Satkamling berperan aktif dalam menyikapi segala situasi. Sehingga kehadirannya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut juga disosialisasikan tentang Perkap Nomor 4 Tahun 2020 yakni tentang Satkamling dan Simulasi Pelaksanaan Simkamling di lokasi tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *