Jangan Lupakan Jasa Ukraina untuk Indonesia

Jasa Ukraina untuk Indonesia
Ilustrasi Invasi Rusia ke Ukraina/Net

Internasional, SAKATA.ID: Pengamat Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Suzie Sudarman mengungkap jasa Ukraina untuk Indonesia.

Dia menilai, Indonesia seharusnya terlibat membantu Ukraina yang sedang bersitegang dengan Rusia.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa alasan Indonesia harus membantu Ukraina menghadapi invasi Rusia.

Indonesia dengan negara bekas anggota Unisoviet itu memiliki keterikatan sejarah.

Suzie menegaskan, seharusnya Indonesia mengingat kembali bahwa Ukraina bersama Belarusia itu membantu kemerdekaan Ukraina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kita harus ingat ya. Idonesia itu merdeka dibantu oleh Belarusia dan Ukraina di PBB,” kata dia dikutip dari CNN TV, Sabtu (26/2/2022).

Atas dasar tersebut, ujar Suzie, Indonesia seharusnya menjembatani konflik Rusia dan Ukraina.

Sehingga, jika Indonesia mengambil langkah cepat untuk meredam invasi Rusia, tidak akan banyak rakyat Ukraina yang menjadi korban.

“Kita sebagai negara yang pernah mendapat jasa dari rakyat Ukraina‚Ķ. Sebetulnya mempunyai alasan kuat untuk mencoba menjembatani konflik ini. Agar tidak dikorbankan rakyat Ukraina,” lanjut dia. 

Selain Suzie, ada pengamat lain yang mengungkap jasa Ukraina untuk Indonesia. Yakni, Prof Ariel Haryanto.

Pendiri pendiri Monash Herb Feith Indonesian Engagement Centre di Monash University mengungkapkan bahwa Ukraina menjadi sponsor bagi Indonesia untuk membawa kasus dekolonisasi ke Dewak Kehormatan PBB.

“Ukraina anggota PBB pertama yang bersedia menjadi sponsor RI untuk membawa kasus dekolonisasi RI ke sidang DK PBB,” Atulis Ariel Haryanto dalam akun Twitter resminya, 26 Februari 2022.

Ia juga mengutip pernyataan dari Jennifer Foray bahwa ketika itu Ketua delegasi Ukraina , Dmitro Manuilsky menuduh Inggria mengerahkan pasukan kolonial dari India untuk menindas gerakan demokratis Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.