Penyebar Foto-foto Korban Kecelakaan, Ancaman Pidana 6 Tahun Penjara

Kriminal, SAKATA.ID: Setelah artis Vanessa Angel meninggal dunia karena kecelakaan, banyak foto-foto korban bertebaran di dunia maya. Dinilai tidak beretika dan berempati.

Padahal, menyebarkan foto tidak layak untuk dikonsumsi publik seperti menampilkan jenazah korban kecelakaan bisa berakibat hukuman.

Bacaan Lainnya

Di dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE. Terdapat pada Pasal 27 ayat 1.

Pada pasal tersebut dikatakan bahwa setiap orang yang tanpa hak dilarang untuk mendistribusikan, mentransmisikan, dan membuat dapat diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang melanggar kesusilaan. 

Disebutkan juga bahwa, penyebaran konten sadis dianggap melanggar norma kesusilaan dan etika. 

Dijelaskan juga bahwa penyebaran konten ini (jenazah korban kecelakaan) tidak menunjukkan rasa kemanusiaan. Serta, karena anda tidak menunjukkan rasa empati kepada koban maupun keluarganya.

Mengutip dari tulisan yang dirilis viva bahwa dalam berbagi informasi di media sosial (Medsos) ada baiknya hanya pemberitaan berupa tulisan.

Bisa digunakan gambar pendukung apabila memang dibutuhkan. Foto-foto yang diunggah pun tidak memperlihatkan gambar korban kecelakaan yang tidak layak dikonsumsi oleh publik.

Kreator atau warganet bisa membuat gambar menjadi tidak jelas, blur, atau pun disamarkan. 

Lantaran jika anda masih saja suka menyebarkan foto/video korban kecelakaan yang tak layak dikonsumsi publik ada ancaman pidana bagi pelaku.

Ancamannya ialah pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar. 

Pidana tersebut sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat (1) dan Pasal 27 ayat (3) serta Pasal 43 Undang-Undang ITE.

Sebelumnya, artis Vanessa Angel bersama suaminya Febri Andriansyah meninggal dunia karena kecelakaan saat dalam perjalanan ke Kota Surabaya.

Mereka kecelakaan dan meninggal dunia di Tol Trans Jawa Ruas Kertosono-Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).

Kabar duka tersebut juga dibarengi dengan ramainya pembicaraan warganet. 

Seperti di grup WhatsApp dan medsos lainnya, namun sangat disayangkan diramaikan pula dengan disebarkannya foto-foto korban kecelakaan keluarga, yakni Vanessa Angel. 

Padahal foto-foto maupun video yang tersebar itu tidak selayaknya untuk diunggah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.