Arus Mudik 2021, Volume Kendaraan Tol Cipali Naik

  • Whatsapp
Arus Mudik 2021 GT Tol Cipali didominasi kendaraan travel. foto:antaranews.com
Arus Mudik 2021 GT Tol Cipali didominasi kendaraan travel. foto:antaranews.com

Nasional, Cirebon-Sakata.Id: Arus mudik 2021 diduga telah berlangsung sebelum masuk tanggal pelarangan mudik yang ditetapkan pemerintah yakni 6 Mei 2021. Beberapa warga diduga telah berangkat sebelum waktu yang dianggap lebih ketat dari pengawasan operasi polisi.

Kondisi arus mudik 2021 ini bisa dilihat dari volume kendaraan yang naik dari tahun sebelumnya di Gerbang Tol Palimanan Cirebon Jawa Barat sejak Minggu (02/05) hingga Senin (03/05). Banyak kendaraan berperlat luar daerah dan pelat B melintas, bahkan didominasi kendaraan Travel.

Bacaan Lainnya

Kendaraan travel tersebut nampak dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Kendaraan tersebut didominasil oleh pelatnomor luar daerah atau kebanyakan berpelat B.

Dominasi kendaraan travel menjadi pertanda arus mudik 2021 sudah berlangsung dalam minggu ini. Diduga kendaraan itu mengangkut para pemudik yang pulang lebih awal.

Sopir kendaraan Travel mengakui bahwa pihaknya membawa penumpang yang memang hendak mudik sebelum ada larangan mudik. Penumpang mudik lebih awal untuk menghindari penyekatan di jalan.

“Ya kayaknya biar gak kena sekat jadi pulang mudiknya lebih awal dari jadwal larangan mudik mas,” kata Rizal sopir kendaraan Travel seperti dikutip pada laman Antaranews.com.

Rizal mengaku di armada minibusnya itu mengangkut penumpang berjumlah 12 orang. Mereka dari daerah Jakarta akan pulang ke kampung halamannya di Jawa Tengah.

BACA JUGA: Larangan Mudik Tak Berlaku, 1672 Santri Darussalam Mudik Masal

Arus mudik 2021 ini terjadi diduga untuk menghindari penyekatan polisi di waktu yang sudah diumumkan berlaku pelarangan mudik. Memang kepulangan para pemudik tersebut kata Rizal untuk menghindari operasi polisi di jalur mudik. Karena kalau sudah tanggal 6 Mei, dipastikan pengaturan kepolisian akan lebih ketat, dan terjadi penyekatan lalu lintas dimana-mana.

Peningkatan Volume Kendaraan di GT Cipali Arus Mudik 2021

Arus mudik ini menyebabkan terjadinya peningkatan volume kendaraan pada masa sebelum masuk larangan mudik. Terlebih antara waktu larangan mudik tahun ini lebih pendek ketimbahn tahun sebelumnya.

Kepala Departemen Transaksi Tol ASTRA Tol Cipali Andre Yulianto pernah memprediksi bahwa volume kendaraan yang melintas ke Tol Cipali akan meningkat ketimbang tahun sebelumnya.

Pada leberan tahun ini kata Andree, volume lalulintas perhari sekitar 34 ribu kendaraan dan itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang perharinya 20 ribu kendaraan saja yang melintas ke Tol Cipali.*RS-01.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *