Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka Login prakerja.go.id

Nasional, SAKATA.ID: Kartu Prakerja gelombang 11 dibuka menjadi kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini pastinya membuat para pendaftar yang gagal pada kartu prakerja sebelumnya bisa mendaftarkan diri lagi.

Program kartu prakerja ini bisa diikuti oleh siapapun selama memiliki KTP elektronik dan juga alamat surel yang valid. Karena pada saat pendaftaran ini yang dibutuhkan hanyalah KTP dan juga alamat surel.

Bacaan Lainnya

Kartu prakerja gelombang 11 juga memberikan banyak sekali pelatihan untuk para penerima manfaat program pemerintah ini. Hal ini bertujuan agar masyarakat penerima bantuan ini meningkatkan atau memperoleh kemampuan baru dari pelatihannya.

Pemerintah juga mengharapkan dengan berjalannya kartu prakerja ini masyarakat Indonesia menjadi lebih tinggi lagi nilainya. Hal ini agar Indonesia bisa bersaing dengan dunia dunia kerja Asean.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Untuk mendaftar kartu prakerja gelombang 11 ini cukup mudah karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Hal ini karena pendaftaran hanya dilakukan melalui sistem daring.

Jadi Anda tidak perlu pergi kemana-mana lagi untuk melakukan pendaftaran kartu Prakerja gelombang 11 ini. Cukup saja dengan duduk manis di rumah dan buka smartphone atau laptop Anda.

Langkah-langkah pendaftaran kartu prakerja bagi peserta baru

  1. Siapkan KTP Elektronik.
  2. Siapkan alat tulis dan hitung.
  3. Pastikan smartphone atau laptop yang digunakan terhubung ke internet.
  4. Buka browser baik itu Chrome, Mozilla atau Opera.
  5. Masukkan link www.prakerja.go.id.
  6. Pilih daftar sekarang.
  7. Masukkan Alamat email dan juga setting password.
  8. Centang kotak persetujuan syarat dan ketentuan prakerja gelombang 11.
  9. Pilih daftar.
  10. Setelah itu buka alamat surel Anda.
  11. Cari email yang dikirimkan oleh prakerja.go.id
  12. Pilih atau klik tombol aktivasi akun kartu prakerja gelombang 11.
  13. Kemudian isi seluruh form pendaftaran yang ada.
  14. Anda akan disuruh untuk memotret KTP Elektronik.
  15. Anda juga harus memasukkan selfie dengan KTP Elektronik
  16. Pilih Selesai.
  17. Anda harus mengisi tes terlebih dahulu matematika dasar dan psikotes.
  18. Setelah selesai pilih Dashboard dan scroll ke bawah kemudian pilih gabung.

Untuk mendaftarkan kartu prakerja gelombang 11 ini mudah dan cepat karena tidak memerlukan persyaratan yang banyak. Namun perlu dicatat untuk foto KTP Elektronik dan selfie ukurannya tidak boleh lebih dari 2MB.

Jika Anda sudah melakukan pendaftaran namun gagal dalam gelombang 1 hingga 10 tinggal ikuti langkah 17 dan 18 saja. Cukup pilih gabung saja di dashboard prakerja.go.id. 

Ada beberapa orang yang tidak berhak untuk mendapatkan program kartu prakerja ini Jadi tidak bisa sembarangan orang bisa mendapatkan program pemerintah yang satu ini.

Peserta yang Tidak Bisa Mendapatkan kartu Prakerja Gelombang 11

  1. Memiliki usia dibawah 17 tahun.

Hal ini bisa dibuktikan dengan KTP elektronik yang Anda fotokan pada saat melakukan pendaftaran. Disana juga tertulis usia dan kapan Anda lahir, jadi jika usia kurang dari 18 tahun jangan harap mendapatkan bantuan ini.

  1. Masih terdaftar Sebagai Mahasiswa

Bagi Anda yang masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif juga kesempatan lolos kartu prakerja gelombang 11 ini kecil. Karena salah satu ketentuan dari prakerja ini adalah tidak terdaftar sebagai mahasiswa.

Anda bisa melakukan pengecekan secara daring melalui situs Forlap Dikti. Cari nama Anda di sana, jika ada maka ada kemungkinan Anda tidak bisa menerima manfaat dari kartu prakerja ini.

  1. Memiliki Pekerjaan Tertentu

Dalam ketentuan mendaftarkan kartu prakerja gelombang 11 ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa mendapatkan program ini.  ASN, TNI , POLRI Anggota dan Ketua DPR atau DPRD serta pegawai BUMN/BUMD.

  1. Penerima Bantuan Pemerintah Pusat Lainnya

Jika Anda sudah mendapatkan bantuan pemerintah pusat lainnya maka kecil kemungkinan mendapatkan program kartu prakerja gelombang 11. Adapun bantuan pemerintah pusat itu di antaranya PKH, BLT BPJS ketenagakerjaan, BNPT dan lainnya.

Manfaatkan kartu prakerja gelombang 11 dibuka November ini untuk mengasah dan menambah kemampuan baru Anda. Hal ini juga dipersiapkan agar bisa bersaing dengan tenaga kerja asing di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.