Kelompok Usia 45 Tahun ke Atas Dihimbau Tidak Keluar Rumah

Nasional, SAKATA.ID : Angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir mencapai sekitar 105 orang. 80% disumbang oleh kelompok usia 45 tahun ke atas. 

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisaamito dalam YouTube Sekretariat Kabinet (Setkab) Republik Indonesia pada (18/9/2020). 

Bacaan Lainnya

Dia mengingatkan agar usia 45 tahun membatasi aktivitas di luar rumah. Pasalnya, kelompok usia ini sangat rentan terpapar oleh Covid-19. 

Begitu juga dengan usia produktif antara 19 hingga 45 tahun. Pasalnya, secara persentase usia ini juga menjadi yang paling banyak terkonfirmasi Positif Covid-19. 

Dia mengingatkan kepada kelompok berusia produktif ini, supaya memperhatikan interaksi sosialnya di luar rumah. Lantaran, bukan tidak mungkin kelompok ini membawa penyakit. 

Juga lebih baik hindari menggunakan transportasi umum, hal ini untuk mencegah penularan,” ujar Wiku. 

Dia menegaskan bahwa sebagai kelompok usia produktif dengan mobilitas tinggi, dan frekuensi interaksi sosial juga tinggi. 

Itu berpotensi menjadikan kelompok sebagai carrier yang bisa tularkan Covid-19 kepada keluarga kerabat atau kelompok orang yang rentan. 

Kelompok usia ini, katanya, harus menjaga kesehatan dan tetap menjaga pola hidup bersih serta sehat. Sebisa mungkin tidak berkegiatan di luar rumah. 

Namun jika terpaksa keluar rumah, ujarnya, harus benar-benar terapkan protokol kesehatan. Terutama 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Kemudian, ketika tiba di rumah harus bersihkan diri sebelum berkomunikasi dengan usia rentan di rumah.

Juru bicara Satgas penanganan Covid-19 ini mengungkapkan, peningkatan kematian secara persentase rata-rata 3% pada minggu lalu. Kemudian bertambah menjadi 7% pada minggu ini. 

Apabila dirinci lebih jauh, lanjutnya, angka kematian akibat Covid-19 tersebut didominasi oleh kelompok usia rentan. Ia menegaskan, 80% kematian akibat Covid-19 disumbang dari kelompok berusia di atas 45 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.