Rumah Meli Duta Dangdut Jabar, Bilik Bambu

Nasional, SAKATA.ID: Rumah Meli Duta Dangdut Jabar menjadi perbincangan. Talenta muda asal Cianjur, Jawa Barat itu memiliki nama lengkap Meli Nuryani. Meli telah dinobatkan sebagai Pemenang LIDA 2020 mengalahkan dua kontestan lain yaitu Gunawan asal Maluku Utara dan Hari dari Jambi. 

Atas pencapaiannya, Meli berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp500 juta. Namun terungkap bahwa Meli sebenarnya berasal dari desa yang jauh dari perkotaan. Ketika ditelusuri melewati jalan berbatu, tampak rumah Meli menggunakan bilik bambu alih-alih tembok. 

Bacaan Lainnya

Kondisi Rumah Meli Duta Dangdut Jabar

Dari luar, tampak rumah Meli terlihat sederhana dengan model panggung. Hampir semua dinding terbuat dari anyaman bambu, dan kayu-kayu di sekitar rumah sudah nampak usang. Ketika masuk ke dalam rumah, sebagian kayu pada bagian sudah berlubang. 

Di bagian dapur, rumah Meli Duta Dangdut Jabar masih menggunakan kompor tradisional dengan kayu bakar. Tidak tampak perabotan modern disana. Semuanya masih terasa seperti suasana jaman dulu, dengan fasilitas dapur seadanya. 

Bagian kamar mandi berada di luar rumah, tidak memiliki pintu, dan menggunakan sebuah karung sebagai penutup. Meli memang berasal dari keluarga sederhana, ia tinggal di Desa Sukamulya Kecamatan Cikadu. 

Menurut Camat Cikadu Yadi Supriyadi kepada wartawan, kondisi keluarga Meli tidak menyurutkan tekadnya untuk berprestasi. “Kami sangat bangga dengan apa yang diraihnya,” ungkap Yadi pada Rabu (30/9).

Pendapat Pjs Bupati Cianjur

Prestasi yang diperoleh Meli juga mendapat pujian dari Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat Abdurachim. “Setelah Lesti, sekarang ada lagi mojang asal Cianjur yang berprestasi tingkat nasional. Selamat,” puji Dudi saat berada di kantor PWI Cianjur pada Selasa (29/9). 

Menurut Dudi, Kabupaten Cianjur memiliki banyak potensi terutama di bidang tarik suara. Karena itu diharapkan pemerintah daerah membuka sekolah vokal untuk melatih talenta-talenta baru. Dengan begitu akan lebih banyak lagi talenta yang berprestasi. 

Profil Meli Pemenang LIDA 2020

Meli lebih akrab disapa Amel, ia lahir di Cianjur, 24 April 2004. Sejak kecil, ia bercita-cita menjadi penyanyi dangdut. Beruntung, ia berkesempatan bertemu langsung dengan penyanyi idolanya, Rhoma Irama. Ia tergabung dalam komunitas FORSA (Fans of Rhoma and Soneta) Cianjur. 

Di usianya yang masih muda, Meli pernah menjadi kontestan KDI 2018. Sayangnya, pada saat itu ia hanya sampai di babak 9 besar. Kendati demikian, penampilan Meli sempat menyita perhatian juri. Keinginan untuk menjadi penyanyi dangdut tidak berhenti sampai disana. 

Meli mendapatkan tas selempang dari Beniqno Aquino yang membuatnya bisa langsung pergi ke Jakarta tanpa harus mengikuti audisi selanjutnya. Kepercayaan yang diberikan Beniqno rupanya tidak sia-sia, karena terbayar oleh pencapaian Meli yang kini menjadi Pemenang LIDA 2020. 

Malam penentuan di babak terakhir adalah penampilan Meli pada Senin (28/9), dimana saat itu ia menunjukkan performa terbaiknya. Sebelumnya di konser Grand Final, hasil poling SMS Meli berada di urutan terbawah dari Gunawan dan Hari. 

Dinobatkan sebagai Pemenang LIDA 2020

Untungnya, keberuntungan berpihak pada Meli karena hasil polling naik ke peringkat tertinggi di detik-detik terakhir yang menegangkan. Saat penentuan juara itulah, Meli dinobatkan sebagai pemenang LIDA 2020 dengan suara tertinggi 35,91 persen.

Kala itu, Meli tampak terkejut dan histeris mengetahui dirinya berhasil. Gunawan asal Maluku Utara menempati posisi Juara 2, sedangkan Hari asal Jambi menempati Juara 3. Namun tak banyak yang tahu bahwa rumah Meli Duta Dangdut Jabar ternyata begitu sederhana dan jauh dari perkotaan. 

Mengetahui kondisi rumah Meli dengan kayu-kayu yang sudah rapuh, pejabat setempat mengajukan bantuan ke Dinas Permukiman dan Perumahan. Meski berasal dari keluarga sederhana, Meli tidak berhenti mengejar impiannya. 

Setelah Lesti, kini Meli turut mengharumkan Cianjur. Untuk kedepannya pemerintah daerah berencana membuka sekolah dan kursus vokal agar bisa melahirkan lebih banyak talenta-talenta baru di bidang tarik suara. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.