GP Formula 1 Arab Saudi Diteror Rudal Houthi

foto ilustrasi GP Formula 1 Arab Saudi
foto ilustrasi

Olahraga, Jeddah, Sakata.id:- Seri balapan GP Formulia 1 di Arab Saudi yang akan digelar pada hari Minggu 27 Maret 2022 diteror oleh rudal yang meledekan kilang minyak Aramco Saudi yang berada di dekat sirkuit Formula 1 Grand Prix Arab Saudi.

Sejak Jumat 25 Maret 2022 para pembalap Formula 1 menjalankan sesi latihan bebas di Sirkuit Jeddah Corniche Arab Saudi. Tidak lama setelah latihan bebas GP Formula 1 Arab Saudi selesai, sebuah ledakan terjadi di sebuah kilang minyak yang tidak jauh dari sirkuit balapan.

Bacaan Lainnya

Jarak kilang minyak yang meledak sekitar 19 kilo meter dari lokasi Sirkuit Jeddah COrniche. Bahkan getaran dari ledakann tersebut juga turut dirasakan oleh para pembalap Formula 1.

Para driver Formula 1 pun kemudian berkumpul setelah mendengar ledakan tersebut. Mereke kemudian menggelar rapat dengan Presiden Formula 1 terkait kelanjutan GP Formula 1 Arab Saudi, di Jeddah.

Namun pihak Formula 1 masih menunggu kepastian dari pihak berwenang Arab Saudi terkait nasib dan keberlangsungan balapan. Jeddah menjadi tuan rumah kedua kalinya pada penyelenggaran GP Formula 1 tahun ini.

Berdasarkan laporan ternyata ledakan di kilang minyak Aramco Saudi itu ulah dari militer Houthi Yaman. Bahkan hal tersebut telah diakui pihak militer Yaman terkait serangkaian serangan yang menargetkan fasilitas vital di Jeddah. Termasuk kilang minyak Aramco.

Houthi Klaim Serangan Rudal ke Jeddah

Serangan tersebut menggunakan pesawat tanpa awak dan rudal bersama dengan bantuan Iran. Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengatakan kelompok menyerang fasilitas Arcamco, kilang Ras Tanura dan Rabigh dengan rudal melalui pesawat tanpa awak. Mereka juga menargetkan fasilitas vital lainnya di ibu Kota Saudi, Riyadh.

Sepeti diberitakan Aljazeera (26/3/2022) pemberontak Houti Yaman mengakui hal itu merupakan rangkaian dari serangan terhadap kerajaan di Saudi. Serangan yang dilancarkan Houti Yaman dengan dukungan Iran menggunakan pesawat tanpa awak dan rudal.

Langit di atas kilang minyak Arab Saudi turut diwarnai gumpalan asap tebal. Bahkan kepulan asap dan awan hitam bisa dilihat jelas dari di atas sirkuit Formula 1.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.