ISSI Ciamis : Pispun Bike Park, Pendorong Animo Bersepeda

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Ketua Pengcab ISSI Ciamis
Ketua Pengcab ISSI Ciamis, Andang Firman.

OLAHRAGA, Ciamis, Sakata.id:- Pengcab ISSI Ciamis turut menanggapi ramainya keinginan kelompok pesepada untuk mengembangkan Pispun Bike Park, sebagai tempat wisata dan tempat pembinaan atlet berprestasi.

Ketua Pengcab Ikatan Sepeda Suluruh Indonesia ( ISSI ) Ciamis, Andang Firman menyebut, keinginan kelompok sepeda tersebut, merupakan dorongan untuk menumbuhkan animo masyarakat dalam bersepeda baik olahraga maupun rekreasi.

Bacaan Lainnya

“Banyak temen-temen yang ingin mengembangkan Pispun, terimakasih. Itu bandul untuk menumbuhkan animo masyarakat dalam olahraga bersepeda,” kata dia.

BACA JUGA: Optimasi Pispun Bike Park, ISSI Harus Hadir

ISSI Ciamis sebagai organisasi pembinaan atlet berprestasi, kata Andang, kedepan ISSI juga akan memoles Pispun Bike Park sebagai tempat berlatih olahraga berprestasi kelas Downhill, dan akan ada beberapa trek yang akan ditinjau kembali.

“Yang penting kan animonya dulu, animonya tinggi, kunjungan juga akan banyak, dan beriringan dengan itu pembinaan atlet berprestasi juga bisa dilakukan,” kata Andang.

Kelompok Penggemar Sepeda Dalam Catatan ISSI Ciamis

ISSI Ciamis baru mencatat satu kelompok sepeda berprestasi, yakni Owl Edubike yang dikembangkan oleh komunitas sepeda iDeR.

“Kalau kelompok sepeda berprestasi baru satu yang dikembangkan oleh komunitas iDeR, kalau komunitas penggemar banyak dalam catatan kami ada 40 kelompok,” kata Andarng Firman.

Owl Edubike mengembangkan sekolah sepeda di kelas BMX. Bahkan kata Andang, mereka yang sekolah itu kadang harus menginap di Venue BMX yang ada di Ciamis.

“Kalau yang road race, downhill pretasi itu masih perorangan, namun untuk persiapan Proprov nanti, kami sudah ada atletnya untuk mengisi setiap nomor, baik kelas XC, freestyle, trail, insya Allah  nanti semuanya bisa diikuti oleh Ciamis,” kata dia.

Jalur dan trek di area Pispun Bike Park sendiri dibangun secara swadaya oleh kelompok sepeda iDeR, dengan bantuan masyarakat setempat.

Trek di sana secara rutin dipakai oleh kelompok iDer untuk berlatih. Namun, kemudian trek Pispun Bike Park Ciamis banyak dikunjungi oleh pesepeda dari luar Ciamis.

Akhirnya Pispun Bike Park selain digagas sebagai tempat berlatih atlet juga memiliki fungsi sebagai tempat wisata bersepeda. Dari banyak trek di sana ada satu trek yang lebih mudah dan dianggap aman dilalui para pemula.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *