Kutukan AFF Bagi Indonesia, Selalu Gagal di Partai Final

Indonesia VS Thailand
Timnas Indonesia vs Thailand di final AFF 2020, foto:instragramPSSI.

Olahraga, Sakata.id: – Tim Garuda gagal menang saat berduel dengan lawan klasiknya di Final AFF 2020. Bak kutukan AFF bagi Indonesia, tim yang diracik pelatih Shin Tae-yong sukses menyihir publik sepakbola sampai ke semifinal, banyak yang menjagokan Garuda. Namu lagi-lagi, Indonesia gagal mempertahankan kegarangannya di partai puncak.

Sepertinya kutukan AFF bagi Indonesia masih berlaku, harapan besar Indonesia sudah dibungkam sejak leg pertama dengan 0-4 saat berduel dengan lawan klasiknya Thailand, dan di leg kedua yang digelar 1 Januari 2022, Garuda hanya mampu bermain imbang 2-2. Alhasil gelar juara kembali direbut Thailand karena menang agregat 6-2. 

Bacaan Lainnya

Pada babak pertama Ricky Kambuaya  sebenarnya sudah membuka harapan dengan mencetak gol lebih dulu ke gawa Thailand setelah menerima umpan dari Witan Sulaiman, tim Garuda sangat menguasai bola dan menciptakan banyak peluang. Beberapa peluang setelahnya gagal berbuah gol, sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua Indonesia Sempat Tertinggal 1-2

Pada babak, kedua Thailand mulai memainkan bola-bola panjang dari kiri ke kanan, dari sana Indonesia nampak lemah menghadapi bola-bola panjang yang dilakukan dengan apik Chanatip Sangkrosin CS.  Alhasil gol pertama Thailand tercipta dari kaki Adisak Kraisorm yang menggantikan Terasil Dangda,  di menit 54 dan menyamakan kedudukan 1-1.

Berselang hanya dua menit,  Sarach Yooyen melesakan tembakan yang membentur Asnawi dan bola memantul ke gawang Indonesia, dan Thailand berbalik unggul 2-1.  Tertitanggal 2-1 di babak kedua, membuat Shin Tae-yong harus menambah daya serang, Irfan Jaya dimasukan menggantikan Rafael Rumakek, dan Dedik yang memang tidak menunjukan perannya sejak babak pertama digantikan Sagara.

Tercitpa banyak peluang saat Indonesia menunjukan permainan cepat dari kaki ke kaki. Tetapi lagi-lagi gagal menjadi gol. Gol penyama kedudukan baru tercipta di menit 80 melalu tendangan datar Egy Maulana Vikri yang diumpan Witan Sulaeman.  Gol Egy tidak cukup membayar hutang 4 gol di leg pertama.

Indonesia 6 Kali Runner-up Thailand 6 Kali Juara

Hasil duel Thailand – Indonesia di dua leg babak final, mencatat ketangguhan tim Gajah Putih sebagai peraih piala AFF enam kali, dan menambah gelar Indonesia sebagai langganan runner-up AFF sebanyak enam kali. Benar-benar kutukan AFF bagi Indonesia belum usai.

Duel saling balas serangan terjadi, dan tidak ada lagi gol penambah sampai babak kedua usai dengan hasil 2-2. 
Lagi-lagi Indonesia harus puas dengan posisi runer-up AFF, gelar yang sudah keenam kalinya diraih Indonesia, bak kutukan final AFF, kendati masuk final, Indonesia tak pernah berhasil menyelasikan partai puncak dengan baik.

Piala AFF tahun ini pun kembali diraih oleh Thailand, dan menambah koleksi kemenangan Tim Gajah Perang di partai Final AFF sebanyak enam kali. Kendati begitu Timnas Indonesia mendapat penghargaan fair play, dan Ricky Kambuaya menjadi man of the match, di leg kedua.*  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.