Liga 1 Resmi Diundur, Pemain Persib Tetap Berlatih

liga 1 resmi diundur

Olahraga, SAKATA.ID: Liga 1 resmi diundur oleh PT LIB dan juga disampaikan oleh pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. PSSI melakukan konferensi pers secara virtual di kantor Kemenpora ditemani Zainudin Amali pada tanggal 29 September 2020..

Ketua Umum PSSI Iwan Budianto mengungkapkan bahwa Liga1 kembali ditunda selama sebulan lagi. PSSI pernah mengumumkan bahwa akan kembali menggulirkan kompetisi pada  tanggal 1 Oktober 2020  namun diundur lagi.

Bacaan Lainnya

Pertimbangan Diundurnya Liga 1

Iwan mengungkapkan bahwa hal yang menjadi pertimbangannya adalah kesehatan serta keselamatan masyarakat Indonesia. Ia juga mengatakan menghargai keputusan dari Mabes Polri yang belum mengeluarkan izin untuk mengadakan kompetisi.

Iwan berkata, “Situasi yang kita hadapi saat ini harus kita sikapi dengan bijak, Untuk menyikapi hal itu.” Ia pun mengungkapkan bahwa PSSI selaku penyelenggara kompetisi  akan selalu menghormati keputusan yang dikeluarkan oleh pihak Mabes Polri.” 

PSSI pun menyebutkan telah memohon agar kompetisi Liga 1 ini segera bisa dilaksanakan kembali. Namun keputusan akhir adalah penundaan hingga 1 November mendatang.

Mabes Polri melalui Kadiv Humas Irjen Argo Yuwono memberikan pernyataan jika pihaknya menunda mengeluarkan izin keamanan untuk pertandingan Liga 1. Dilihat dari kasus Covid-19 di Indonesia yang sampai kini masih tinggi, maka Keamanan, kesehatan, dan kemanusiaan saat ini menjadi prioritas utama.

Jika situasi penanganan COVID-19 di Indonesia membaik maka dipastikan kompetisi Liga 1 dan 2 bisa dilaksanakan kembali. Namun jika masih belum bisa, maka akan ada perundingan kembali dengan para pihak terkait.

PSSI diharapkan bisa menggulirkan kompetisi Liga 1 ini sesegera mungkin karena ada agenda Fifa dan AFC. Di tahun 2021 ini Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia U-20, ditambah lagi bulan April memasuki bulan Ramadhan.

Jika Liga 1 bisa digulirkan para bulan November maka tidak akan terjadi masalah dan bisa selesai tepat waktu. Jika kompetisi dimulai pada bulan November maka akan berakhir hingga bulan Maret jadi tidak mengganggu agenda FIFA dan AFC.

Jika Liga 1 digulirkan pada bulan Desember maka, tidak kompetisi tidak akan bisa tepat waktu. Karena bulan April memasuki bulan Ramadhan, Mei – Juni piala dunia U-20 otomatis Liga bisa digulirkan pada bulan Agustus.

Hal ini akan berdampak buruk bagi persepakbolaan Indonesia karena akan hilang satu generasi. Hal ini juga akan membuat PSSI dicap tidak becus untuk mengurusi sepak bola Indonesia di mata FIFA dan AFC.

Liga 1 sendiri baru bergulir tiga pertandingan saja, dimana Persib Bandung menjadi pemuncak klasemen sementara.  Persib berhasil menang tiga kali beruntun dengan raihan 9 poin dan menempatkan striker mereka Wander Luiz sebagai top skor dengan 4 gol.

Tanggapan Persib Bandung

Persib Bandung yang sedang berada di tren positif dengan memuncaki klasemen sementara liga 1 angkat bicara mengenai penundaan ini. Pelatih kawakan yang menukangi Persib Robert Rene Albert tidak mau berkomentar banyak.

Coach Rene mengungkapkan “saya baru mendengar jika kompetisi harus ditunda hingga bulan November ini. Kami belum menerima surat resmi dari PSSI, Maka dari itu saya tidak ingin berbicara terlalu banyak.”

Bos Persib Bandung Teddy Tjahyono memberikan pendapat perihal Liga 1 resmi diundur oleh Asosiasi Sepak bola Indonesia. Ia mengatakan bahwa Persib jelas mengalami kerugian karena sudah satu bulan lebih melakukan persiapan untuk awal Oktober.

Teddy pun mengungkapkan alasan dibatalkannya karena pihak keamanan dalam hal ini kepolisian tidak memberikan izin. Namun Teddy mewakili Persib mengatakan bahwa Ia menghormati setiap keputusan yang dikeluarkan.

Selama menunggu Liga 1 yang akan dimulai kembali pada bulan November 2020 Pemain Persib tetap berlatih. Hal ini diungkapkan juga oleh Teddy “ “Ya pasti tetap latihan , tidak mungkin diliburkan. “Karena kalau ga latihan kondisi pemain turun. Satu bulan sudah pasti para pemain Persib tetap latihan.” tambah bos Persib ini.

Liga 1 Resmi diundur ini membuat masyarakat Indonesia kembali harus bersabar untuk mendapatkan hiburan dari sepak bola. Agar Liga segera digulirkan masyarakat disarankan  untuk selalu mengikuti protokol kesehatan agar pandemi COVID 19 ini segera turun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.