Lolos ke Final Piala AFF, Duel Dramatis Indonesia Bungkam Singapura

Ezrar Walian berselbrasi usai mencetak gol pertama saat Timnas Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 di National Stadioan Singapura, Sabtu 25 Desember 2021. foto:Ruslan/Afp.

Olahraga, Sakata.Id:- Timnas Indonesia akhirnya lolos ke grand final Piala AFF 2020, setelah membungkam tim The Lion Singapura 4-2, melalui babak perpanjangan waktu, di Stadion Nasional Singapura, pada Sabtu (25/12/2021)

Tim Garuda unggul lebih awal di menit 11 melalui gol Ezra Wallian. Singapura tertinggal 1-0. Di menit akhir babak pertama Singapura harus kehilangan satu pemain. Safuan Baharudin dihadiahi kartu merah karena mendapat dua kali kartu kuning.

Bacaan Lainnya

Safuan Baharudin melakukan pelanggaran menjelang tendang bebas untuk Singapura. Beberapa detik setelah Safuan keluar lapangan, Song Ui Young menyamakan kedudukan score Indonesia-Singapura menjadi 1-1 lewat gol di menit 45.

Duel Menegangkan di Babak Kedua

Pada babak kedua, Singapura bermain dengan 10 pemain. Namun Indonesia kehilangan fokus, dan gagal memanfaatkan beberapa peluang emas.

Shin Tae Young, melakukan tiga pergantian pemain sekaligus pada menit menit 65, dengan memasukan Egy Maulana Fikri, Irfan Jaya dan Elkan Baggot.

Di menit 67, pemain Singapura Irfan Pandi Ahmad kembali dihadiahi kartu merah. Singapura bermain hanya dengan 9 pemain.

Lagi-lagi, setelah hadiah kartu merah meski hanya bermain dengan 9 pemain, namun The Lion, malah membalikkan keadaan di menit 74 melalui tendangan bebas yang dieksekusi Syahdan Bin Sulaeman.

Gol yang sangat cantik, dari jarak 20 meter itu mengarah ke pojok kanan dan tak terjangkau oleh penjaga gawang Indonesia.

Pertandingan berlangsung sangat dramatis. Garuda dan The Lion saling menekan, di menit 87 Pratama Arhan memanfaatkan assis Egy Maulana Vikri dan score 2-2.

Penyelamatan Nadeo Argawinata

Di menit akhir babak kedua, Singapura mendapatkan hadiah penalty. Namun, Dewi keberuntungan masih berpihak pada Indonesia, penjaga gawang Nadeo Argawinata mampu menepis tendangan pinalti, dan skor imbang 2-2 di babak kedua berakhir.

Nadeo menjadi pahlawan dimana Indonesia nyaris saja terancam kalah di menit akhir, kalau penjaga gawang asal Bali United ini tak mampu menepis tendangan Faris Ramli.

Hasil imbang di babak kedua pun berlanjut pada babak pertambahan waktu. Tim Garuda kembali memiliki nafas panjang.

Pembuktian Egy Maulana Vikri, Buka Pintu ke Final Piala AFF

Seoalah tak mau kehilangan momentum menuju Final Piala AFF 2020, Egy tampil Agresif dan Cetak Gol Pada menit pertama babak perpanjangan waktu, Egy Maulana Vikri mulai memperlihatkan kelasnya.

Dia tampil agresif dengan penuh percaya diri, mliuk liuk masuk ke jantung pertahanan Singapura memberi umpan silang untuk Irfan Jaya, namun penyelamatan bek Singapura Syahual Anwar malah berbuah gol bunuh diri.

Indonesia unggul 3-2 di menit 91. Unggul 3-2 dengan hanya melawan 9 pemain Indonesia tampil lebih tenang namun dengan agresifitas tinggi.

Egy, Irfan, Arhan Pratama bahkan nyaris beberapa kali meencetak gol namun selalu digagalkan oleh penampilan Hassan Sunny, penjaga gawang Singapura.

Pada menit 105 sepak pojok yang dieksekusi Evan Dimas berbuah kemelut di mulut gawan Singapura, dan Egy Maulana Vikri menyontek bola masuk ke gawan Hasasn Sunny. Indonesia unggul 4-2.

Skore ini telah membuat soprter Indonesia lega, karena sudah dipastikan Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020.

Pada menit 119 umpan terobosa Egy Maulana Vikri kepada Irfan Jaya yang terlepas dari pengawalan bek Singapura mengancam gawang Singapura, memaksa Hassan Sunny keluar jauh dari sangkarnya dan melakukan pelanggaran keras kepada Irfan Jaya.

Kipper yang berperforma baik selama pertandingan itu pun dihadiahi kartu merah. Tiga kartu merah untuk Singapura sangat memukul.

Hasil 4-2 bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Tim Garuda memastikan lolos ke Final Piala AFF 2020, dari kemenangan yang dramatis tersebut.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.