Optimasi Pispun Bike Park, ISSI Harus Hadir

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi D DPRD Ciamis Andang Irfan Sahara
Wakil Ketua Komisi D DPRD Ciamis Andang Irfan Sahara.

OLAHRAGA, Ciamis, Sakata.Id : Kelompok penghobi sepeda lintas alam terus menyuarakan perlunya optimasi Pispun Bike Park yang berada di wilayah Desa Sukawening Kecamatan Cipaku dan Desa Sadananya Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Merespon aspirasi Optimasi Pispun Bike Park, Wakil Ketua Komisi D DPRD Ciamis Andang Irfan Sahara bersama Kabid Olahraga Disbudpora dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Ciamis H. Wikky, melakukan peninjauan langsung ke lokasi mengecek trek yang ada di sana, Minggu (18/7/2021).

Bacaan Lainnya

Andang Irfan menyentil kepekaan ISSI Ciamis yang tidak hadir pada saat peninjuan. Sejauhmana ISSI Ciamis memiliki kepekaan terhadap potensi pembinaan atlet sepeda lintas alam, yang bisa saja muncul dari bakat kelompok penghobi sepeda lintas alam.

Mayoritas pendatang yang menjelajah trek Pispun Bike Park Ciamis adalah kelompok penghobi sepeda lintas alam. Dan dari hobi itu kata Andang, bisa diarahkan menuju pencapaian prestasi.

“Yang ada dalam pikiran saya sekarang bagaimana berangkat dari hobi menjadi prestasi. Tetapi saya lihat ISSI tidak peka, Ketua ISSI Ciamis harusnya terlibat langsung dan hadir meninjau kondisi Pispun Bike Park,” kata Andang,  Minggu (18/7/2021) saat meninjau langsung kondisi trek Pispun Bike Park di Desa Sukawening Kecamatan Cipaku.

Dari kelompok-kelompok hobi sepeda ini kata Andang, akan bermunculan bakat-bakat yang bisa dibina oleh ISSI Ciamis menjadi atlet berprestasi. Pispun Bike Park bisa menjadi salah satu arena berlatih pemilik bakat.

Andang meminta Disbudpora Ciamis segera mengagendakan musyawarah Optimasi Pispun Bike Park dan penata kelolaannya ke depan. Dalam musyawarah tersebut ISSI Ciamis diwajibkan hadir.

“Sebaiknya ISSI nanti harus hadir, karena memiliki tugas dalam pembinaan atlet berprestasi di sepeda lintas alam,” kata Andang.  

Disbudpora Sudah Agendakan Musyawarah Bersama

Kepala Bidang Olahraga Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Ciamis Ayi Daud Akhiri

Kabid Olahraga Ayi Daud Akhiri mengatakan pihaknya telah mengagendakan musyawarah bersama untuk membahas optimasi Pispun Bike Park, pada Kamis (21/7/2021).

Beberepa pihak terkait akan diundang, diantaranya Komisi D DPRD Ciamis, Kelompok Penghobi Sepeda Lintas Alam, BP2D, Camat, Kepala Desa, Pokdarwis, dan ISSI Ciamis.

Camat, Kepala Desa, Pokdarwis diundang kaitannya dengan kewilayahan dan penatakelolaan wisatanya, sedangkan ISSI dan Kelompok Penghobi Sepeda diundang kaitan aspek pembinaan olahraganya.

Asset Wisata Olahraga Rekreasi

Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Ciamis H. Wikky mengatakan dari tinjuan kepariwisataan, potensi Pispun Bike Park bisa menjadi salah satu asset wisata olahraga rekreasi.

Ciamis kata dia, sudah memiliki wisata olahraga rekreasi yakni Paralayan di Bukit Baros Panjalu yang sudah berjalan. Kuncinya masyarakat setempat juga harus memiliki kepekaan dan sada potensi yang ada di daerah lingkungannya.

“Masyarakat setempat juga harus sadar potensi, seperti di bukit baros. Karena kalau ini ditata dan berjalan akan berdampak juga pada sumber daya ekonomi masyarakat setempat,” kata Wikky.   

Pada berita sebelumnya atlet sepeda lintas alam Indonesia Kusmawati Yazid menilai Pispun Bike Park Ciamis memiliki dua fungsi, yakni fungsi pembinaan atlet dan wisata.

Kusmawati mengatakan, Pispun Bike Park Ciamis layak dijadikan sebagai trek berlatih bahkan bisa digunakan kompetisi tingkat daerah.

Tetapi, Kusmawati juga menyarankan Pispun Bike Park dikelola dari sisi objek wisata nya. “Bisa dibuat dua trek, trek berlatih, dan trek wisata, saya siap jadi konsultannya jika diperlukan,” kata Kusma.**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *