Ricky Kambuaya dan Prestasinya di Gelar AFF 2020

Ricky Kambuaya
Ricky Kambuaya dua kali raih gelar Man of The Match sepanjang AFF 2020.

Olahrga, Sakata.id:- Ricky Kambuaya menarik perhatian publik sepakbola dunia, ternyata bukan hanya Partama Arhan atau Asnawi yang sepanjang gelar AFF 2020 yang menjadi sorotan publik sepakbola , termasuk sang juru taktik Garuda Shin Tae-yong.

Saat membersamai tim Garuda di lapang hijau, pemain asal Sorong ini memang terlihat memperlihatkan gaya bermain yang sangat tenang. Dia tak segan melakukan duel-duel perebutan bola, dan memgabikan bola kepada rekannya.

Bacaan Lainnya

Gelandang serang klub Persebaya Surabaya ini pun bahkan membuat kejutan di Final Leg 2 AFF dengan golnya di menit ke tujuh ke gawang Thailand. Gol itu dia ciptkan melalu sepakan jarak jauh yang tidak bisa ditepis oleh kiper Thailand.  

Gol manis Ricky menjadikan Indonesia unggul 1-0 dari Thailand kendati pada kahirnya Gajah Perang masih perkasa dan tidak bisa ditaklukan, dengan pertandingan menghasilkan skor imbang 2-2. Tetapi, gol pertama dari sentuhan Ricky itulah yang membuat mental tim menjadi baik sampai akhir laga.

Dua Kali Raih Gelar Man Of The Match

Peran pemain berusia 25 tahun ini sangat vital di Timnas Garuda. Bahkan Ricky Kambuaya mendapat dua kali gelar sebagai Man of The Macth selama AFF 2020, yang kedua dia raih pada laga final leg ke 2. Ricky pemain yang tenang, dan bermental baja.

Namanya yang bersinar di Piala AFF 2020, membuka kans baginya untuk bermain di liga luar negeri. Pemain asal Sorong ini pun tidak akan menolak jika peluang itu ada. Nampaknya, dia akan mengikuti jejak Asnawi, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman yang sudah lebih dulu bermain di klub luar negeri, Korea dan Eropa.

Atas performa gemilangnya di Timnas Garuda, Ricky mengatakan bahwa dirinya tidak pernah berpikir akan menjadi yang terbaik. “Saya tidak pernah berpikir menjadi yang terbaik, semua karena strategi terbaik dari pelatih,” kata Ricky.

Dia menjadi pemain yang mampu mengimplementasikan strategi pelatih di lapangan. Di juga memiliki mental yang baik, serta kepercayaan diri saat berduel merebut bola dan berbagi bola kepada rekan di timnya dengan umpan-umpan manis.

Respon Ricky Jika Diminta Main di Luar Negeri

Ricky secara tegas mengatakan siap jika mendapat tawaran untuk bermain ke luar negeri. Bahkan jika ada penawaran dari sang pelatih untuk ke Korea Selatan dia juga tidak akan menolak.

“Kalau ada peluang untuk dibawa coach Shin ke luar, tentu ini baik untuk karier, dan pasti ada kemaun untuk ikut,” kata Ricky.

Selain Ricky Kambuaya ada beberapa pemain yang juga mendapat sorotan dari klub-klub luar negeri, seperti Pratama Arhan dann Afreandra Dewangga juga dikabarkan sudah dilirik beberapa klub besar luar negeri.

Semakin banyak pemain Timnas Garuda yang bermain di club-club luar negeri, tentu akan membawa dampak positif bagi Timnas Garuda masa depan. Kemampuan dan mental pemain akan terasah.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.