Kelebihan Ban Tubeless, Pas Saat Hujan Anti Kejahatan

Otomotif, SAKATA.ID: Kelebihan ban tubeless harus Anda ketahui untuk digunakan pada kendaraan terutama sepeda motor. Kehadiran ban ini akan membuat Anda semakin nyaman dan merasa lebih aman ketika berkendara.

Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk setiap kendaraan baik roda dua atau roda empat. Jika diibaratkan manusia, ban ini adalah kaki untuk bisa bergerak maju.

Bacaan Lainnya

Jenis ban terdiri dari dua yaitu biasa dan juga tubeles yang bisa menjadi pilihan Anda untuk kendaraan. Ada baiknya untuk menggunakan ban tubeles karena memiliki lebih banyak keunggulan.

Memang kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih senang dengan ban biasa karena harganya yang juga lebih murah. Namun tubeless dengan harga yang lebih tinggi juga menjadi pilihan terbaik.

Awalnya Ban tubeless ini digunakan untuk kendaraan roda empat alas mobil saja. Namun seiring waktu, ban jenis ini mampu diaplikasikan ke sepeda motor.

Salah satu kekurangan yang dimiliki ban jenis ini adalah harus mengaplikasi terlebih dahulu velg racing. Karena ukurannya yang tidak akan pas dengan velg biasa.

Ban tubeless memiliki desain yang khas dan diakui oleh banyak pengendara yaitu anti bocor. Jenis ini juga biasanya tidak memiliki ban dalam yang membuat pengendara motor sangat menyukai ban tubeless.

Kelebihan Ban Tubles

Setiap kendaraan sudah dipastikan memiliki ban baik itu jenis biasa ataupun tubeless. Untuk itu sangat penting Anda mengetahui kelebihan dari ban tubeless ini. Berharap bisa menjadikan ban ini salah satu jenis terbaik bagi kendaraan Anda.

Lebih Kokoh

Kekokohan ban ini bisa terlihat dari desainnya yang tidak memiliki ban dalam seperti yang biasa. Ban ini memiliki inner-liner yang langsung mengikat velg dan udara secara bersamaan sehingga mampu bergerak dan berputar.

Bban tubles sudah terkenal memiliki daya tahan yang sangat baik yang membuatnya menjadi lebih awet. Jenis ban ini sangat cocok pada saat hujan seperti saat ini, jadi patutlah Anda menggantinya.

Tidak Langsung Kempes

Kelebihan kedua dari ban tubles yang selanjutnya adalah saat terjadi kebocoran tidak langsung kempes. Jadi jika terkena paku atau benda tajam lainnya Anda masih bisa menggunakannya tanpa harus dorong ke bengkel.

Hal ini jelas sangat berbeda dengan ban biasa yang akan langsung kempes total jika terkena paku atau benda tajam. Jika menggunakan ban biasa sudah pasti Anda akan langsung mendorongnya ke bengkel.

Namun jangan sampai tidak ditambal karena nantinya akan kempes juga jika tetap dibiarkan. Hal inilah yang membuat para pengendara kendaraan bermotor sangat menyukai ban jenis tubeless ini.

Waktu Tambal Ban yang Singkat

Kelebihan ketiga dari ban tubeless adalah waktu penambalannya yang tidak menyita waktu banyak. Hal ini dikarenakan tidak memiliki ban dalam yang menjadikan hanya satu saja ketika melakukan penambalan ban.

Memang menambal ban jenis tubeless ini sangat cepat hanya perlu kurang dari 10 menit saja melakukan penambalan. Namun itu juga tergantung dari seberapa parah kerusakan dari bannya.

Mampu Menambal dengan Sendirinya

Kelebihan yang terakhir dari jeni ban tubeless ini adalah bisa melakukan penambalan secara otomatis. Bukan dengan mesin tapi dikarenakan memiliki cairan anti bocor yang memudahkan dalam melakukan perawatan. Cairan anti bocor ini biasanya sudah ada di dalam ban saat pemasangan untuk pertama kali.

Manfaat yang bisa diambil dari cairan anti bocor ini adalah anda tidak perlu untuk menambal jika terjadi kebocoran ban. Anda hanya perlu menusuknya dengan benda tajam yang maka secara otomatis cairan tersebut akan keluar dan menutup lubang di ban..

Itulah kelebihan ban tubeless yang mungkin bisa Anda perhitungkan untuk mulai menggunakannya. Apalagi di musim penghujan seperti ini, jalanan licin dan tertutup air tidak ketahuan dimana ada benda tajam. Dengan ban ini juga Anda akan merasa aman dari kejahatan penyebar paku di jalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.