Kembaran Wrangler dari India Dijegal Jeep

  • Whatsapp
Kembaran Wrangler

OTOMOTIF, Sakata.id:- Kembaran Wrangler pabrikan India Mahindra&Mahindra mendapat peringatan dari Jeep Stellantis untuk tidak memasarkan produknya ke Autralia. Mobil pabrikan India SUV 4×4 Thar ini memiliki banyak kemiripian dengan Wrangler.

Ultimatum Jeep atas kembaran Wrangler membuat Mahindra angkat bicara dan menyatakan tidak akan melakukan pemasaran ke luar India. Permintaan di India dimana tempat mobil SUV 4×4 Thar dipabrikasi sangat kuat.

Bacaan Lainnya

Mobil SUV Thar kembaran Wrangler ini sudah punya tempat di India, dengan permintaan yang sangat tinggi. Jika Mahindra akan melakukan penjualan ke luar, melakukan pemberitahuan sebelumnya.

Mahindra Hindari Sengketa

Namun, Economic Times edisi Senin (24/5) apa yang dilakukan Produsen Otomotif India dengan tidak melakukan penjualan ke Australia, semata untuk menghindari potensi masalah hukum dengan Jeep.

Mahindra merasa tidak ada gunanya terlibat dalam proses pengadilan. Pihaknya akan memberitahu kepada FCA sebelum memasarkan produk yang disebut kembaran Wrangler ke Autralia dan luar pasar India. Hal itu dilakukan Mahindra&Mahindra untuk melindungi hak mereka dalam memasarkan produk.

Kemiripan dan Perbedaan

Tampilan exteriror SUV Thar dengan lekuk dan garis tajamnya nyaris sama seperti yang ada pada Jeep Wrangler. Bahkan tampilan dalamnya pun mirip dengan Wrangler. Mahindra memperkenalkan mobil SUV tangguh ini pada Oktober tahun 2020.

Kemiripan cassing ini yang disoal oleh Jeep. Tetapi sebenanya perbedaan mencolok ada pada dapur pacu mobil. Mahindra memilik dua pilihan yakni otomatis dan manual dan menunjang untuk perjalanan dua medan dengan penggerak roda 4WD. Bandrol harga Mahindra Thar juga lebih miring dari Wrangler, dalam nilai rupiah, Mandira Thar dibandrol sekitar Rp285 jutaan.

Jeep bahkan sudah mengajukan tuntutan Federal COurt of Australia, agar Mahindra menghentikan kegiatan prdoksi impor untuk penjualan ke Australia. Mahindra dinilai sengaja melanggar hak kekayaan intelektual Jeep Wrangler.

Pada tahun 2019 Jepp dan Mahindra pernah berseteru untuk penjualan pabrikan India Mahidra Roxor yang memasarkan produknya di Amerika Serikat. Dan pengadilan memutuskan Mahindra bersalah atas pelanggaran merek dagang, dimana Roxor memiliki kemiripan dengan Willys CJ.

Sebelumnya mobil berdesain ikonis ini sudah dibuat Mahindra dengan nama roxor pada tahun 1949. Dengan mengantungi lisensi Willys Overland Corporation.

Sejak itulah investasi besar-besaran dilakukan Mahindra dalam R&D mengembangkan kendaraan sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar. Kendaraan pabrikan Mahindra telah mengalami beberapa literasi termasuk variannya yang terbaru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *