Yamaha FZ-X Resmi Diperkenalkan, Motor dengan Konsep Retro dan Modern

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Otomotif, SAKATA.ID: Pasar otomotif dunia kembali bergeliat pasca Yamaha FZ-X resmi diperkenalkan kepada publik Juni 2021 ini.

Pabrikan motor asal Jepang tersebut kembali hadir dengan desain yang sangat inovatif. Desain bergaya klasik namun fitur canggih dan kekinian.

Bacaan Lainnya

Motor terbaru dari Yamaha ini memiliki konsep dengan memadukan gaya retro dan modern. Sehingga menampilkan desain yang sangat berbeda dari yang lainnya.

Yamaha FZ-X Resmi Diperkenalkan di India

Motor terbaru ini baru rilis di tempat kelahiran Shah Rukh Khan yaitu India. Dikutip dari antaranews, Selasa (29/6/2021), Yamaha telah memperkenalkan motor terbarunya ini di India beberapa waktu yang lalu.

Untuk kisaran harganya sendiri sekitar Rp20 jutaan saja. Kabarnya jika masuk ke Indonesia akan memiliki tiga varian warna yaitu Biru, Abu-abu dan Perak. Anda tinggal pilih mana yang disukai.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Yamaha FZ-X ini mengusung tema Retro dan modern. Sehingga secara desain tidak ada yang bisa menyamainya.

Performa Mesin

Pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana dengan performa mesinnya? Bisa ngebut atau tidak? 

Oke kita akan jawab ya, mesin yang digunakan adalah 150 cc. Bisa dipastikan motor retro imi bisa dibawa ngebut, tapi tetap hati-hati di jalanan, karena Anda bukan Valentino Rossi.

Untuk bobotnya sendiri adalah 139 KG. Memang cukup berat namun, setelah maju ya pasti menjadi mudah untuk dikendalikan.

Motor terbaru dari Yamaha ini juga memiliki tenaga maksimal hingga 12,2 bhp dan torsi 13,6Nm. Untuk transmisinya terdapat 5 gigi yang dikendalikan secara manual, jadi ini bukan jenis matic.

Oh ya, mesinnya juga memiliki fitur air cooled jadi ga gampang panas saat Anda gunakan dalam jangka waktu lama. 

Selain dari mesin, yang mempengaruhi performa motor adalah ban. Yamaha FX-Z ini sudah menggunakan ban tubeless. Untuk ukuran ban depan adalah 100/80 sementara belakangnya 140/60.

Desain dan Ukuran

Untuk selanjutnya kita bahas mengenai desain dan ukuran dari motor terbaru Yamaha Semakin Di Depan ini. Motor FX-Z memiliki tinggi 1,11 meter dan lebar 0,78 meter.

Tinggi dan lebarnya bisa dikatakan sangat seimbang dan cocok digunakan baik untuk pria maupun wanita. Meski jenisnya motor sport, namun sangat cocok juga digunakan oleh wanita.

Selanjutnya untuk nuansa modern dari motor Yamaha ini terdapat di beberapa bagian. Mulai dari penggunaan lampu depan jensi LED dengan DRL dan Speedometer dengan panel LCD.

Selain itu ada juga fitur bluetooth dalam motor ini untuk menghubungkan HP dengan sepeda motor. Namun, belum diketahui sih fungsi bluetooth ini untuk apa? apa saja fungsinya, ini belum diketahui.

Untuk nuansa retro Yamaha FZ-X terlihat dari desain lampu depan dengan bentuk lingkaran tapi seperti ada tiga lampu LED. Sementara untuk tangki bahan bakar dan jok memiliki konsep “tuck and roll”.

Kemudian beberapa ornamen berwarna perak dan hitam makin memperkuat nuansa klasik. Ornamen ini terlihat pada cangkang lampu depan, spion, pelek, engine guard, dan undercowl.

Harga

Dalam laman Zigwells.com, menjual sepeda motor Yamaha FZ-X ini dengan dua tipe. Harganya juga tak jauh berbeda antara tipe yang satu dan lainnya.

Untuk tipe Standar memiliki harga 1,16 Lakh Rupee atau sekitar Rp23 jutaan. Sementara untuk tipe yang memiliki Bluetooth adalah 1,19 Lakh Rupee atau setara 24 juta rupiah.

Sementara itu, Yamaha India akan mulai mendistribusikan Yamaha FZ-X ini mulai bulan Agustus 2021. Rencananya pendistribusian kepada seluruh dunia ini juga tidak akan satu-satu melainkan sekaligus kedua tipenya.

Jadi sudah mau menentukan pilih yang mana? Standard (STD) atau yang punya konektivitas Bluetooth. Sabar, jangan dulu ke showroom, ingat bulan Agustus 2021 baru mulai pendistribusiannya.

Jadi ada kemungkinan masuk Indonesia sendiri pertengahan atau akhir Agustus. Jika agak telat paling di awal-awal bulan September 2021 baru ada di Indonesia.

Dengan Yamaha FZ-X resmi diperkenalkan ini maka geliat otomotif dunia kini kembali bergerak lagi. Lantaran otomotif sempat vakum juga akibat pandemi Covid-19 yang belum usai ini.

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *