Airlangga Hartarto bakal Digulingkan? Ini Jawaban DPP Golkar

Politika, SAKATA.ID: Berhembus isu Airlangga Hartarto bakal digulingkan dari kursi Ketua Umum Partai Golkar.

Rumor pendongkelan Airlangga di tengah hiruk pikuk bursa pencalonan Presiden (Capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Namun, Dewan Pimpinan Partai (DPP) Golkar menampik hal tersebut. Bahwa kader partai berlambang pohon Beringin ini masih solid pada Airlangga.

Keterangan ini dikeluarkan Ketua DPP Partai Golkar Bidang Organisasi Kemasyarakatan Fahd Arafiq. Dirinya menampik isu pendongkelan tersebut.

Dia menegaskan, DPP Golkar maupun organisasi masyarakat di Partai Golkar masih solid memberikan dukungannya kepada Airlangga Hartarto.

“Saya tegaskan. DPP Golkar dan Ormas Partai Golkar tetap solid, mendukung kepemimpinan Airlangga Hartarto, sebagai ketua umum. Juga akan mencalonkan Beliau sebagai calon Presiden di 2024,” ujar Fadh.

Sebelumnya, ramai diberitakan bahwa Airlangga Hartarto bakal digulingkan. Isu tersebut sudah bergulir sejak akhir tahun lalu.

Salah satu alasan Airlangga akan didongkel dari Ketua Umum Partai Golkar berdasarkan pada elektabilitasnya. Hingga saat ini, tidak memenuhi ekspektasi para kader partai.

Sejumlah kader menganggap bahwa Partai Golkar membutuhkan sosok yang mampu mendongkrak suara dalam Pemilu 2024 nanti.

Tokoh di Balik Pendongkelan Airlangga Hartarto

Dari kabar yang beredar, sosok yang ingin menggantikan Airlangga Hartarto itu merupakan orang yang sudah lama menjadi kader. Namun juga orang tersebut sudah menyatakan mundur dari Partai Golkar pada tahun 2014 lalu.

Ternyata, sosok yang dimaksud ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia yakni, Luhut Binsar Panjaitan (LBP).

Beredar pula kabar bahwa LBP telah menggaet sesama tokoh yang masih berada di Partai Golkar. Seperti Idrus Marham. Diketahui, Idrus ini adalah orang yang pernah terjerat kasus korupsi.

Selain dia, muncul juga nama Ketua Majlis Permusyawaratan Rakyar Bambang Susatyo.

Dikutip Tempo pada Sabtu (14/5/2022), bahwa kubu LBP maupun Airlangga Hartarto mengonfirmasi kabar penggulingan tersebut.

Salah satunya dengan menceritakan bahwa seorang pengurus Partai Golkar menemui Idrus Marham di Golf House, Jakarta beberapa hari yang lalu.

Kemudian, terungkap juga dari sumber ditemui Tempo bahwa, pengurus yang menemui Idrus Marham itu meminta agar menghentikan gerakan untuk menggulingkan Airlangga Hartarto dari kursi ketua umum.

Sementara dari pihak LBP, yang diwakili juru bicara menteri, Jodi Mahardi, telah mengeluarkan pernyataan yang membantah kabar penggulingan Airlangga.

Dia menegaskan bahwa kabar Airlangga Hartarto bakal digulingkan oleh LBP adalah tidak benar.

Lalu, pihak Tempo berupaya meminta konfirmasi dari Idrus Marham, namun mereka tak mendapat respons.

Sementara itu, salah seorang Kader Partai Golkar yang kini duduk di bangku Dewan Perwakilan Rakyat, Nurul Arifin mengatakan isu pendongkelan Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar adalah isu murahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *