Bupati Ciamis : Penyelenggara Pilkades Serentak Harus Jujur

Politika, CIAMIS Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berpesan kepada para penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020 agar berlaku jujur.

Hal itu dia ungkapkan saat menggelar sosialisasi kepada 27 Camat di Kabupaten Ciamis, Selasa (1/12/2020).

Bacaan Lainnya

“Kami meminta kepada pihak penyelenggara Pilkades Serentak, di tingkat kecamatan maupun desa. Jaga netralitas, kejujuran, dan keadilan. Itu sebagai cerminan kondusifnya kegiatan,” ujarnya.

Sosialisasi tahapan Pilkades itu dilakukan secara virtual bertempat di Ruang Video Conference (Vidcon) Sekretariat Daerah Ciamis.

Dalam arahannya, Herdiat menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Ciamis akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2020.

Ada 143 desa yang menjadi peserta, semua tersebar di 27 kecamatan di Ciamis.

Rencana Pilkades Serentak di Ciamis ini sudah pernah batal dua kali. Lantaran adanya pandemi Covid-19. 

Meski bencana non alam ini belum selesai, Pilkades akhirnya mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk digelar pada Desember 2020.

Sehingga, enanggapi hal tersebut Herdiat menghimbau kepada seluruh pihak penyelenggara Pilkades Serentak 2020 agar melaksanakan dan mempedomani protokol kesehatan.

Mengingat, ujarnya, jumlah terkonfirmasi Positif Covid-19 di Ciamis terus meningkat.

Herdiat mengungkapkan, beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 6 Nopember 2020 pihaknya mengirimkan surat kepada Kemendagri.

Di dalam surat itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis mengusulkan waktu pelaksanaan Pilkades Serentak dilaksanakan 19 Desember 2020. 

Alhmadulillah, ucapnya, pihak Kemendagri merespon. Serta menyetujui usulan tersebut. Izin dari Kemendagri juga disampaikan secara langsung melalui rapat koordinasi secara Virtual.

Herdiat menambahkan, pelaksanaan Pilkades Serentak bersifat langsung, umum, bebas, dan rahasia. 

Menurutnya, masyarakat bisa menyampaikan pilihannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan tidak  boleh diwakilkan. 

Oleh karena itu, harus langsung disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka dapat hadir secara pribadi dan langsung ke TPS. 

Ia menegaskan, pada saat pelaksanaan nanti, dia sebagai Bupati Ciamis beserta Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dan Forkopimda bakal turun langsung ke kecamatan dan desa.

Hal ini untuk memantau dan membantu pelaksanaan Pilkades Serentak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *