Demokrasi dan Politik Indonesia Kekinian Sudah Lebih Baik

  • Whatsapp
Demokrasi dan Politik Kekinina Menurut Mahfud MD

SAKATA.ID : Demokrasi dan hiruk pikuk politik di Indonesia pada saat Orde Baru dan masa sekarang, terus mengalami kemajuan.

Menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, sekarang demokrasi Indonesia justeru lebih baik.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Mahfud, orang seumuran dia akan menilai kalau kehidupan berdemokrasi sekarang ini lebih baik.

BACA JUGA: 18 Lembaga Negara Bakal Dibubarkan Jokowi

Kita bisa melihat hadirnya lembaga survei tidak hanya satu dua. Lihat saja Pemilihan Presiden 2019, masing – masing tim kandidat mengeluarkan hasil survei mereka.

Lalu pada sisi pengawasan demokrasi, sekarang “keserongan” bahkan sudah bisa diperkirakan sebelum hasil Pilpres dimumkan.

“Seperti Pak Jokowi dengan Pak Prabowo itu kan enam bulan sebelumnya orang sudah tahu, kira-kira 55 banding 45,” kata Mahfud saatonga berpidato di acara Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia yang disiarkan langsung secara virtual, dilansir dari Suara.com, Selasa (23/6/2020).

Sekarang survei, pengamat, bisa masuk KPU dengan diberi legalitas, sebagai pemantau. “Lah, dulu nggak. Ini mesti disyukuri sebagai bagian demokrasi kita. Ada majunya,” ujar Mahfud.

Adanya persaingan memanas masing-masing kubu soal kecurangan keduanya sama-sama memiliki konsep curang. “Ya, tapi kan kondusif ya, tidak signifikan,”. (S-02).*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *