Ganjar Ungkap Kriteria Cawapres, Ini Sosok yang Tepat?

Ganjar pranowo ungkap kriteria
Gubernur Jawa Tengah yang juga Capres PDIP Ganjar Pranowo/Ist

Politika, SAKATA.ID: Calon Presiden (Capres) pilihan PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mulai ungkap kriteria yang pas untuk menjadi Cawapres-nya.

Menurut dia, kriteria calon yang cocok mendampinginya pada kontestasi politik 2024 mendatang adalah sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Menurut pria kelahiran 28 Oktober 1968 menyebut salah satu cirinya adalah sosok yang “mirip” dengannya.

“Seperti saya. Satu visi lah,” kata Ganjar di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023).Informasi ini dikutip SAKATA dari detikcom.

Gubernur Jawa Tengah dua periode ini juga menyoroti bahwa kriteria cawapres yang akan mendampinginya nanti dalam Pilpres 2024 harus bisa saling melengkapi.

“Kriterianya semuanya sama. Semua pasti akan melengkapi,” tambah dia.

Ganjar pun membeberkan soal wacana cawapres yang diprediksi ‘All Jokowi’s Men’, menurut dia bahwa semua hal terkait duet capres dan cawapres bakal dibicarakan partai-partai.

Pengamat Politik Ungkap Kriteria yang Pas jadi Cawapres Ganjar

Leo Agustino selaku pengamat politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menilai Erick Thohir memiliki elektabilitas tinggi sebagai cawapres.

Mengutip hasil Lembaga Survei Poltracking Indonesia kandidat terkuat di posisi cawapres ditempati Erick Thohir (17,1%), disusul Sandiaga Salahuddin Uno (15,5%), dan Ridwan Kamil (13,5%).

Menurut Leo, tingginya elektabilitas Erick lantaran Menteri BUMN itu bisa memiliki kemampuan untuk masuk dan membangun hubungan dengan calon pemilihnya. Khususnya kepada calon pemilih yang baru akan menggunakan hak pilihnya.

Kemudian, lanjut dia, kinerja Erick Thohir di BUMN pun tak perlu dipertanyakan lagi. Ia telah membuktikan BUMN memiliki kinerja yang baik. Erick juga melakukan bersih-bersih di BUMN.

Menurutnya, yang menjadi nilai lebih Erick adalah mampu membangun kedekatan dengan pemilih milenial dan generasi Z.

Apalagi ketika ia menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), ia berhasil membawa perubahan sepak bola Tanah Air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *