Gerindra dan PKB Koalisi, Berikut Lima Poin Kerja Sama yang Disepakati

Gerindra dan PKB koalisi
Gerindra dan PKB Membentuk Koalisi untuk Pemilu 2024 /Net

Politika, SAKATA.ID: Partai Gerindra dan PKB sudah menyatakan membentuk koalisi untuk menghadapi kontestasi Pemilihn Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Pengukuhan kerja sama antara dua partai ini melalui penandatanganan piagam deklarasi koalisi oleh Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Gerindra dan Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum PKB.

Bacaan Lainnya

Piagam kerja sama mereka tandatangani pada saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul, Bogor pada Sabtu (13/8/2022).

Salah satu poin kerja sama tersebut yang mengatur soal calon presiden dan calon wakil presiden.

Muhaimin mengungkapkan, kebersamaan kedua partai ini akan membawa kemaslahatan bagi rakyat dan Bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.

Adapun, piagam deklarasi koalisi Gerindra dan PKB itu berisi lima poin kerja sama yaitu:

Poin pertama piagam tersebut menyatakan, koalisi dilakukan dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional. Yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Sehingga Gerindra dan PKB bekerja sama dalam Pemilu serentak tahun 2024.

Kemudian poin yang kedua, bahwa kerja sama Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama. Agar terjadi percepatan pembangunan. Untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera. Dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

Lalu di poin ketiga dinyatakan bahwa latarbelakan kerja sama kedua partai ini ingin menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia. Yakni nasionalis dan religius. Dijelaskan, hal ini untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024 nanti.

Kedua partai juga menyepakati untuk dapat membuka koalisi dengan partai lain. Hanya saja, keputusannya harus atas persetujuan kedua belah pihak.

Lalu yang poin keempatnya, untuk Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina atau Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

Dan yang kelima, kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati.

Dalam pertemuan penandatanganan piagam deklarasi koalisi itu, Prabowo ditemani Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono. Kemudian ada pula Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani.

Sedangkan Cak Imin (panggilan akrab Abdul Muhaimin Iskandar) didampingi oleh Wakil Ketua Umumnya yaitu Jazilul Fawaid dan Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.