KPU Ciamis Gelar Pendidikan Pemilih untuk Jurnalis

Pendidikan Pemilih untuk Jurnalis
KPU Ciamis Gelar Pendidikan Pemilih untuk Jurnalis/Ist

Politika, CIAMIS: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pendidikan pemilih untuk para jurnalis di Tatar Galuh ini, Selasa (18/11/2022) kemarin.

Kegiatan tersebut dalam rangka sosialisasi Pemilu dan Pilkada serentak yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Ciamis Sarno Maulana Rahayu mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 75 orang wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik.

Para jurnalis yang menjadi peserta itu tergabung dari tiga organisasi wartawan yakni, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia (IPJI). Acara digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Sarno membuka langsung acara pendidikan pemilih untuk para jurnalis ini. Hadir pula Komisioner KPU  yang lain dan praktisi Pendidikan Hukum Universitas Galuh (Unigal) Ciamis.

Dia menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut supaya awak media dapat membantu mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.

“Apalagi, kata Sarno, wartawan merupakan salah satu pilar demokrasi. Diharapkan turut serta mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak yang akan digelar tahun 2024,” kata dia.

Ia juga mengatakan, kegiatan pendidikan pemilih dalam rangka sosialisasi Pemilu dan Pilkada Serentak ini merupakan kolaborasi dan sinergitas antara KPU dengan wartawan. 

Sarno menilai, kegiatan bersama jurnalis itu sangat penting. Sebab peran media massa saat ini sangat berpengaruh pada kelancaran tahapan Pemilu dan Pilkada  Serentak.

“Karenanya kami menjalin silaturahmi lebih erat dengan Insan Pers. Lantaran jurnalis ini yang bisa turut mensukseskan tahapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 nanti,” kata Sarno.

Pendidikan Pemilih untuk Jurnalis, Kolaborasi KPU dan Insan Pers

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini  bisa terjalin kolaborasi dan partisipasi antara KPU dan wartawan. 

“Adanya kolaborasi tentunya tahapan-tahapan Pemilu 2024 serta berbagai informasi lainnya dapat tersebarluaskan secara efektif,” kata Sarno.

Maka, dengan begitu partisipasi masyarakat terhadap Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 dapat meningkat tajam. 

Dia juga mengungkapkan, saat ini KPU Kabupaten Ciamis baru melaksanakan tahapan pendaftaran dan verifikasi bagi calon peserta Pemilu. 

Tahapan Pemilu ini harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat, khususnya warga Ciamis yang memiliki hak pilih.

Dengan kolaborasi bersama insan pers juga diharapkan bisa menepis berita-berita bohong atau hoaks terkait Pemilu dan Pilkada Serentak. Tentu saja dengan adanya berita yang faktual dan terpercaya.

Diketahui, Pemerintah beserta KPU sudah menetapkan Pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Sementara Pilkada serentak dilaksanakan tanggal 27 Nopember 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *