KPU Ciamis Laksanakan CAT Calon Anggota PPK Pemilu 2024

Anggota PPK Pemilu 2024
Ketua KPU Ciamis Sarno Maulana Rahayu/Ist

Politika, CIAMIS: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan Computer Assisted Tes (CAT) untuk calon anggota Panitia Pemilihan kecamatan atau PPK Pemilu 2024, Selasa (6/12/2022).

Ketua KPU Ciamis Sarno Maulana Rahayu menjelaskan CAT yang dilakukan oleh KPU Ciamis ini adalah rangkaian tahapan rekrutmen PPK, yang merupakan tenaga Ad-hoc, dari beberapa tahapan yang sudah dilalui.

Bacaan Lainnya

“KPU Ciamis menggelar CAT, dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Ciamis. Ini untuk merekrut tenaga penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan,” ujar Sarno dalam keterangan tertulisnya kepada SAKATA.ID.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan tes CAT tersebut dilaksanakan di 2 sekolah yaitu SMKN 2 Ciamis dan SMKN Kawali. Sarno menjelaskan, kedua sekolah ini dipilih lantaran memiliki peralatan komputer yang memungkinkan CAT.

“Di dua sekolah ini, SMKN 2 Ciamis dan SMKN Kawali, juga belum melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester,” tegas Sarno.

Ia menjelaskan, tahapan penyelenggaraan rekrutmen PPK ini berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022. Menurutnya, KPU Ciamis sudah mengumumkan rekrutmen tenaga Ad-hoc penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan ini pada tanggal 24 Desember 2022 lalu.

Setelah dikeluarkan PKPU itu, lanjutnya, KPU Ciamis langsung melakukan kerja-kerja seusai amanat PKPU tersebut.

Ia mengungkapkan, tahapan rekrutmen anggota PPK Pemilu 2024 ini dimulai pada tanggal 24 November 2022 dan pelantikannya sampai tanggal 4 Januari 2023.

Daftar Calon Anggota PPK Pemilu 2024 Melalui SIAKBA

Sarno mengatakan, ada yang baru dalam rekrutmen tenaga penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan pada tahun ini. Yakni, KPU RI telah mengeluarkan aplikasi khsusus bernama SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad-hoc).

“Jadi kalau pelamar mau daftar untuk menjadi PPK itu harus daftar secara online melalui SIAKBA,” kata Sarno.

Ia mengungkapkan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para calon PPK. Pertama adalah pendaftaran, kedua seleksi administrasi, ketiga tes tulis dengan menggunakan metode CAT, dan keempat tes wawancara.

“Setelah peserta mengikuti CAT ini. Selanjutnya, para calon PPK yang lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya. Yaitu tahapan wawancara,” ujar dia.

Menurut Sarno, para pelamar yang lolos CAT ini, secara kognitif pengetahuan tentang kepemiluannya sudah teruji. Kemudian di tahapan wawancra pengetahun dan keterampilan pemilunya akan diperdalam.

1.000 Lebih Pendaftar PPK di KPU Ciamis

Sarno mengungkapkan, berdasarkan data yang didapat KPU Ciamis ada sekitar 1.500 jumlah pendaftar PPK Pemilu 2024. Dari jumlah tersebut dilakukan seleksi administrasi. Hasilnya, ada 915 orang yang bisa melanjutkan untuk mengikuti CAT.

“Rinciannya, laki-laki sejumlah 591 orang. Dan perempuannya ada 24 orang. Jumlah ini merupakan jumlah keseluruhan untuk se-Kabupaten Ciamis dan tersebar di masing-masing kecamatan. Jadi sebarannya, jumlah antara kecamatan yang satu dengan kecamatan lainnya berbeda,” beber Sarno.

“Basic pendaftarannya pun memang disesuikan dengan kecamatan masing-masing. Artinya, para pelamar di suatu kecamatan maka mereka melamar untuk kecamatan tersebut,” lanjutnya.

Sarno menegaskan, dalam hal rekrutmen anggota PPK Pemilu 2024 ini, KPU Ciamis hanya lah sebagai penyelenggaraan. Berkaitan dengan soal CAT pun berasal dari KPU RI.

Sarno menyampaikan, KPU Ciamis berharap dalam tahapan CAT ini bisa menghasilkan para calon PPK yang kredibel dan kompeten dalam menyelenggarakan Pemilu tahun 2024.

Ia menegaskan, di pundak PPK, penyelenggaraan Pemilu di kecamatan akan dibebankan.

Sehingga, lanjutnya, para calon PPK yang lolos dan ditetapkan menjadi PPK ini sudah menjadi orang-orang pilihan di kecamatan masing-masing. Yakni sebagai penyelenggara Pemilu tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *