Perbaiki Ekonomi, Wakil Ketua DPRD Ciamis Kembangkan UMKM

Politika, CIAMIS: Wakil Ketua DPRD Ciamis Sopwan Ismail terus berusaha perbaiki ekonomi yang terpukul oleh Pandemi Covid-19 di sepanjang tahun 2020 hingga saat ini.

Sopwan menegaskan, dampak dari pandemi pada kegiatan usaha masyarakat sangat besar. Karena itu, ia memfokuskan membangun kembali UMKM di Ciamis yang terpuruk.

Bacaan Lainnya

Pada Selasa (14/12/2021) lalu, Politisi Partai Demokrat ini berkunjung ke kelompok pemuda yang tergabung dalam sebuah kelompok UMKM di Desa Karangpari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

Salah satu pelaku UMKM yang ia datangi adalah kelompok pemuda di Dusun Sukamulya, Desa Karangpari yang bergerak di bidang usaha ternak jangkrik.

Ketua DPC Demokrat Ciamis ini menjelaskan bahwa sektor UMKM menjadi tumpuan perekonomian. Bahkan, sektor UMKM terbukti ampuh menjadi bantalan utama ekonomi nasional saat terjadi krisis.

Maka dari itu, ia langsung bertatap muka dengan masyarakat Desa Karangpari yang menjadi pelaku UMKM. Adalah untuk menyerap aspirasi dari mereka.

“Bertemu langsung dengan para pelaku UMKM supaya tahu permasalahan di lapangan saat masa pandemi Covid-19 ini. Segala masukan, nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis,” ujar Sopwan.

“Insyaallah kami selaku Wakil Ketua DPRD Ciamis akan menyerap aspirasi dari para pemuda ini. Akan kami tuangkan dalam pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Ciamis,” lanjutnya.

Sopwan Anggota DPRD Ciamis untuk periode 2019-2024 dari daerah pilihan Ciamis 4, salah satu wilayahnya adalah Kecamatan Rancah.

Ia mengungkapkan, lantaran pandemi Covid-19, agenda kegiatan reses yang ia lakukan berbeda dari biasanya. Protokol kesehatan dilaksanaknaan dengan disiplin.

“Saya monitoring langsung ke dua titik lokasi budidaya jangkrik dan silaturahmi ke masyarakat Dusun Sukamulya. Dari kegiatan reses ini banyak aspirasi yang diterima. Salah satunya, yang menjadi prioritas adalah membantu permodalan UMKM. Yang sudah didatangi adalah budidaya jangkrik. Ke depannya, banyak lagi. Ada banyak lagi dari produk makanan,” ujar dia.

Selain membantu permodalan pelaku UMKM, kata dia, pihaknya juga akan membantu dalam segi pemasaran.

“Membantu meningkatkan akses pemasaran produk UMKM Ciamis. Kami berharap para pengusaha di Tatar Galuh ini mengalami penjualan yang stabil. Karena dengan adanya strategi pemasaran berbasis digital,” kata Sopwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.