Politikus NasDem: Jika Anies Jadi Capres Bakal Untungkan AS, Sementara Ganjar Bisa China

Anies Jadi Capres
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo/Net

Politika, SAKATA.ID: Berbicara soal kepentingan negara yang lebih besar, apabila Anies Baswedan jadi calon presiden atau Capres, figurnya bakal menguntungkan Amerika Serikat (AS). Selain itu, akan ada pula capres yang bisa untungkan China dan Rusia.

Hal tersebut diungkapkan Politikus Partai NasDem Zulfan Lindan saat bicara soal kepentingan negara besar di Pilpres 2024 Indonesia.

Bacaan Lainnya

Lindan jadi pembicara dalam diskusi Adu Perspektif dengan tema ‘Membaca Manuver Tabloid, Dewan Kolonel, hingga Isu Dendam Lama’ yang digelar detikcom dan Total Politik pada Senin (26/9/2022).

Dia mengungkapkan, dirinya melihat Pilpres 2024 nanti dalam kepentingan posisi Indonesia di Internasional.

Menurutnya, posisi Indonesia sangat strategis, baik di Pasifik, maupun di wilayah Laut China Selatan.

“Artinya, kepentingan untuk Indonesia sangat besar. Di mana posisi kita?,” ujar dia.

Zulfan di dalam Pilpres 2024 nanti, akan ada capres yang bisa menguntungkan AS. Dia menyebut sosok itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Mantan Politisi PDIP itu mebeberkan bahwa Anies dinilai akan menguntungkan AS lantaran selama menjabat tidak pernah berkunjung ke China dan Rusia.

Bahkan, Zulfan menyebut sosok Anies ini akan dijadikan sebagai the second golden boy of America jika jadi capres dalam Pemilu 2024 nanti.

Kemudian, dia menjelaskan, jika Andika maju sebagai capres pada Pemilu 2024 nanti, pun akan menguntungkan AS. Ia menilai, selama ini Andika dekat dengan AS lantaran kerap melakukan latihan bersama.

Dia mengungkapkan bahwa sudah dua kali Andika sebagai Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) maupun Panglima TNI melakukan latihan bersama dengan AD dan marinir besar-besaran di Sulawesi Utara. Padahal Zulfan menyebut, ‘nggak ada angin, nggak ada hujan’.

Begitu juga saat berlatih di Sulawesi Selatan. Ia melihat itu bukan hanya sekedar latihan militer. Kemungkinan ada hal lain yang sedang dikejar Andika.

Oleh karena itu, tegas dia, dirimya melihat jika seandainya, calon presidennya adalah Anies dan Andika, secara langsung ataupun tidak, ini sangat menguntungkan Amerika.

“Menguntungkan Amerika figur ini,” tegas Zulfan Lindan.

Lalu, sosok capres yang akan menguntungkan China dan Rusia di mata Zulfan Lindan adalah Ganjar Pranowo.

Dia menilai Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bisa menjadi figur yang menguntungkan bagi dua negara tersebut.

Selain nama Ganjar, dia juga menyebut nama Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Bahkan, Zulfan juga menyebut sosok Prabowo Subianto. Jika Ketua Umum Partai Gerindra itu jadi Capres akan menguntungkan China dan Rusia.

Ia menegaskan, jika melihat figur Prabowo ini sebenarnya Amerika juga. Namun, Prabowo pernah melakukan kunjungan ke Rusia maupun China.

“Sosok Prabowo Amerika juga. Tapi dia main-main juga ke Rusia. Main-main juga ke China,” papar Zulfan.

Dia mengungkapkan, apabila berbicara kepentingan AS, pasti mendukung Anies sama Andika jika mereka jadi capres, nanti.

Kemudian, China bakal mencari alternatif lain, untuk mengamankan kepentingan mereka di Indonesia.

“Pasti dia mencari yang sama sekali tidak berhubungan. Jadi dia (China dan Rusia) akan mengambil, bukan yang pro Amerika, dia ambil yang pro China. Rusia pun begitu,” bener dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.