Repdem Minta Jokowi Copot 3 Menteri dari Kader Nasdem

Menteri dari kader nasdem
Abe Tanditasik/Ist

Politika, SAKATA.ID: Relawan Perjuangan Demokrasi atau Repdem minta Presiden Joko Widodo (Jokowi) copot menteri dari Kader Partai Nasdem.

Ada tiga menteri dari Partai Nasdem yang mengisi Kabinet Indonesia Maju periode kedua Presiden Jokowi. Mereka adalah Jhonny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika. Di Nasdem, dia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Bacaan Lainnya

Kemudian, kader Partai Nasdem lainnya yang menjadi menteri adalah Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian , serta Siti Nurbaya Bakar selaku Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK).

Organisasi sayap aktivis pro demokrasi PDI Perjuangan itu mendorong Jokowi agar segera melakukan reshuffle kabinet terhadap para menteri dari kader Partai Nasdem tersebut.

Sekretaris Jenderal DPN Repdem Abe Tanditasik mengungkapkan hal ini sebagai tanggapan dari pernyataan Presiden Jokowi tentang rencana reshullfe di Bandung, Kamis (13/10/2022).

Ia mengungkapkan, bagi Repdem, manuver partai Nasdem yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon Presiden tentu berkonsekuensi keluar dari kabinet.

Apalagi Presiden Jokowi masih fokus dengan G-20, pencegahan gelombang resesi, dan membuat sebanyak mungkin program padat karya.

Tentu, lanjut dia, langkah manuver Partai Nasde itu sudah menjadi kode meninggalkan Jokowi dan tidak menjalankan komitmen koalisi.

“Sebaiknya, (Nasdem) segera saja keluar dari kabinet,” tegas Abe pada SAKATA.ID, Jumat (14/10/2022).

Lagipula, Abe menilai, para kader Nasdem yang mengisi kabinet Jokowi adalah orang-orang yang tidak punya kompetensi.

Seperti Menteri Pertanian gagal total mengelola keseimbangan ketersediaan pangan. Karena kegagalan itu, sampai-sampai Menteri Pertahanan mendapat tugas tambahan dari Jokowi untuk mengurusi pangan.

“Komunikasi dengan para stakeholdernya pun teramat buruk,” beber Abe.

Menkominfo juga malah lebih lucu. Semua server pebisnis, bahkan pemerintahan di Indonesia masih berada di luar negeri.

“Tidak punya visi untuk memindahkan server itu ke Indonesia dan membangun national cloud. Termasuk menyediakan internet murah bagi warga dari perkotaan hingga pelosok kampung,” tambah Abe.

Ia menilai, Jhonny G Plate sebagai Menkominfo masih membiarkan kartel infrastruktur dan bandwith.

Menteri Kehutanan pun, lanjut dia, masih jauh dari harapan Jokowi yang ingin menempatkan Indonesia sebagai paru-paru dunia.

“Untuk itu, Repdem meminta Presiden Jokowi tidak ada keraguan mengganti semua menteri dari kader Partai Nasdem agar tidak menjadi tumor ganas. Sebaiknya dalam bulan Oktober ini”, tutup Abe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *