8 Tradisi Menyambut Ramadhan di Indonesia

Misalin salah satu tradisi menyambut bulan Ramadhan di Kabupaten Ciamis Jawa Barat. foto:Kemendikbud.com

Ragam, Sakata.id:- Ramadhan adalah bulan suci yang dinanti-nantikan banyak umat islam di dunia, bahkan bukan hanya umat islam semata. Sebab tidak jarang banyak umat agama lain yang juga ikut menantikan ramadhan karena banyaknya tradisi menyambut ramadhan yang sangat unik salah satunya adalah pasar ramadhan yang ramai akan jajanan yang berlimpah.

Di setiap daerah sendiri memiliki ragam tradisi yang berbeda-beda dalam menyambut bulan suci ramadhan yang disesuaikan dengan kultur daerah masing-masing. Sebab tradisi-tradisi menyambut ramadhan sangat berlimpah dengan berbagai keunikan yang ada di masing-masing daerahnya.

Bacaan Lainnya

Ada yang menyambut dengan ritual adat maupun tradisi lain yang pastinya unik dan dilakukan setiap kali menyambut ramadhan. Untuk memasuki ramadhan tahun 2022 ini, apa saja tradisi-tradisi unik di setiap daerah yang patut untuk dinantikan? Bila Anda penasaran maka Anda bisa menyimak informasi berikut ini mengenai tradisi yang sering dilakukan menjelang ramadhan.

Tradisi Meugang di Aceh

Tradisi menyambut ramadhan pertama adalah Meugang, sebuah tradisi di daerah Aceh yang mana akan dilakukan penyembelihan kambing ataupun sapi yang kemudian dimasak di rumah. Setelah selesai di masak barulah olahan daging tersebut dibawah ke masjid untuk dimakan bersama kerabat, keluarga, serta anak yatim.

Hingga saat ini masyarakat Aceh selalu percaya bahwa rezeki yang di dapatkannya selama 11 bulan sebelumnya wajib untuk disyukuri dalam bentuk tradisi Meugeng. Biasanya tradisi di daerah Aceh ini dilakukan 1 hari sebelum ramadhan berlangsung dan telah dimulai sejak zaman kerajaan Aceh.

Tradisi Nyadrang di Jawa Tengah

Jenis tradisi Nyadrang sendiri merupakan tradisi yang dilakukan di Jawa tepatnya di Yogyakarta dan daerah Jawa Tengah lainnya. Tradisi ini sendiri adalah tradisi yang dimana satu bulan sebelum ramadhan akan dilakukan pembersihan makam-makan dari orang tua atau nenek-nenek.

Setelah membersihkan maka akan didoakan, yang mana tradisi nyadrang itu memiliki kepercayaan bahwa dengan membersihkan makam orang tua kita maka sama dengan membersihkan diri kita sebelum memasuki bulan suci ramadhan.

Tradisi Assuro Ammaca di Makassar

Warga Makassar sendiri juga memiliki sebuah tradisi menyambut ramadhan yakni tradisi assuro ammaca atau juga dikenal dengan ammuntuli bulang. Tradisi dimana setiap rumah warga memasak dan kemudian didoakan oleh seoramg guru spritual dengan sebuah dupa yang berisikan arang.

Biasanya tradisi ini sendiri dilakukan 1 hari sebelum ramadhan atau malam sebelum bangun sahur pertama di bulan ramadhan tersebut. Adapun makna dari ritual ini sendiri berarti suka cita menyambut ramadhan tanpa melupakan para leluhur yang telah lebih dulu mendahului kita.

Tradisi Punggahan Di Sumatera Utara

Di daerah Sumatera Utara juga memiliki sebuah tradisi menyambut bulan suci ramadhan yang bernama Punggahan. Di daerah Batubara melakukan punggahan dengan menyembelih hewan kerbau atau lembu dalam jangka waktu 32 hari sebelum hari pertama bulan suci ramadhan.

Tradisi ini biasanya dipercaya mampu menaikkan derajat masyarakat ketika melakukan puasa ramadhan sehingga hingga saat ini masih dilestarikan tradisi menyambut ramadhan ini.

Tradisi Padusan di Jawa

Tradisi yang paling sering dan familiar dilakukan oleh masyarakat Jawa pada umumnya adalah tradisi padusan, yakni tradisi mandi di laut, pantai, sungai, atau tempat umum lainnya. Tradisi padusan ini dipercaya mampu membersihkan dan menyucikan diri sebelum memasuki bulan suci ramadhan.

Tradisi Malamang di Sumatera Barat

Tradisi Malamang merupakan tradisi asal Sumatera Barat yang dilakukan menjelang bulan suci ramadhan, tradisi dimana masyarakat ramai-ramai membuat lemang yang di masak di dalam bambu.

Dalam tradisi ini memiliki tujuan dan makna untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat sebab ketika memasak lemang dilakukan beramai-ramai oleh banyak orang.

Tradisi Nyorong di Betawi

Nyorong merupakan tradisi menyambut bulan ramadhan di daerah Betawi  yang mana dalam tradisi ini membagikan bingkisan dalam bentuk sembako, ikan bandeng, dan daging kerbau ke sanak saudara.

Adapun makna dari tradisi ini adalah mengingatkan keluarga bahwa bulan ramadhan akan segera di mulai dan berarti ajang untuk mempererat tali silaturahmi selama bulan suci ramadhan.

Demikianlah informasi mengenai berbagai tradisi menyambut ramadhan di berbagai daerah di Indonesia. Apakah daerah Anda juga memiliki tradisi menjelang bulan suci ramadhan? Sucikan hati dalam menyambut bulan yang suci ini.

Tradisi Misalin di Ciamis Jawa Barat

Misalin merupakan tradisi leluhur warga tatar Galuh Ciamis Jawa Barat yang biasa gelar setiap satu tahun sekali menjelang bulan Ramadhan. Tradisi Misalin ini, dilakukan di situs Salawe di Desa Cimaragas Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Mi yang berarti melakukan kegiatan salin yang berarti mengganti. Misalin berarti mengganti amal buruk dengan amal baik.

Ritualnya dengan berziarah dan berdoa di situs Sang Hyang Maharaja Cipta Permana Prabu di Galuh Salawe, dilanjut saling memaafkan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.