Agar IRT Tetap Bahagia, Ini Tips Menjaga Kewarasan Diri

  • Whatsapp

Ragam, SAKATA.ID: Tips menjaga kewarasan diri ini bertujuan agar ibu rumah tangga tetap bahagia dan bisa melakukan manajemen stress dengan baik.

Kondisi ibu dapat menentukan suasana di rumah. Jika mood ibu sedang bagus, rumah jadi terasa hangat dan menyenangkan. Sedangkan jika ada sesuatu yang mengganggu ibu, maka suasana di rumah berubah menjadi dingin dan mencekam. 

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, menjaga diri agar tetap ‘waras’ perlu dilakukan. Tujuannya supaya kondisi hati tetap stabil, tidak mudah marah, dan suasana di rumah selalu bikin betah.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk ibu rumah tangga. 

Tidak Sempat Masak? Beli Makanan Jadi

Memasak adalah tugas ibu rumah tangga, namun ada kalanya si kecil rewel dan tidak mau lepas. Tips menjaga kewarasan diri yang pertama: apabila ibu sibuk menggendong bayi seharian, terutama yang baru lahir, tidak sempat memasak pun bukan masalah besar karena bisa beli makanan jadi. 

Sepintas membeli makanan dari luar terkesan boros, namun ada banyak hal yang tidak bisa diukur dengan uang. Kebersamaan dengan anak di masa pertumbuhannya, adalah waktu yang tidak datang dua kali. Kalau ada uangnya, beli saja makanan jadi. Dengan begitu ibu bisa tenang mengurus anak atau pekerjaan lain.

Tidak Sempat Mencuci? Lempar ke Laundry

Mencuci juga bagian dari tugas ibu rumah tangga. Namun, seorang ibu tidak dituntut untuk selalu sempurna. Selain drama mengurus anak, ada juga ibu-ibu yang punya pekerjaan sambilan. 

Ketika anak sudah bisa mandiri, terkadang ibu bekerja sampai lupa waktu dan tidak sempat mencuci baju. Tips menjaga kewarasan diri yang kedua: daripada pusing melihat tumpukan baju menggunung, lempar saja ke laundry. Dengan begitu ibu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tenang walau hanya berada di rumah. 

Tidak Sempat Bersih-Bersih? Turunkan Standar Rapi

Standar rumah rapi selalu identik dengan lantai dan kaca yang bersih mengkilap, barang-barang berada pada tempatnya masing-masing. Namun setelah punya anak, ibu menjadi terbiasa dengan keberadaan mainan yang tumpah ruah di segala penjuru. 

Tips menjaga kewarasan diri bagi ibu rumah tangga salah satunya dengan menurunkan standar rapi. Rumah yang rapi dan estetika hanya ada di Instagram, sedangkan realita berbanding terbalik. Rumah berantakan adalah kondisi yang realistis. Selagi tak ada tamu, biarkan saja. 

Support System Terbaik dari Suami

Suami bukan cenayang yang bisa membaca pikiran. Oleh karena itu, ibu rumah tangga harus mau meluangkan waktu untuk menyampaikan segala keluh kesah yang mengganggu. Bukan sambil marah-marah ya, tapi obrolan santai di malam hari saat minum teh. 

Sampaikan segala hal yang mengganggu, dari mulai lelah mengurus rumah, repotnya membuat MPASI untuk bayi, hingga perasaan bersalah atas membengkaknya pengeluaran susu. Dengan komunikasi yang jelas, suami paham dan membantu mencari solusinya.

Jangan Mendengarkan Gunjingan Tetangga

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak lepas satu sama lain, namun ada kalanya seorang ibu harus menghadapi gunjingan tetangga yang meresahkan. Seperti ketika ibu rumah tangga membeli susu formula, tetangga mulai membicarakan orang lain yang terlihat lebih baik dengan memberikan ASI eksklusif. 

Kita tidak bisa menutup mulut mereka karena mereka ada banyak. Tapi, yang bisa kita lakukan adalah menutup telinga sendiri dengan kedua tangan. Dalam buku berjudul Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson menjelaskan pendekatan waras demi menjalani hidup yang baik.

Bersikap bodo amat artinya berhenti memikirkan hal-hal yang tidak penting, termasuk gunjingan tetangga. 

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *