Cara Memperbaiki Kulit Bopeng, Begini Cara Menyulapnya

  • Whatsapp

Lifestyle, Sakata.id:- Bagaimana cara memperbaiki kulit bopeng? Simak penjelasan berikut ini agar masalah tekstur kulit yang tidak rata bisa diperbaiki.

Bopeng adalah sebutan untuk permukaan kulit cekung dan berlubang, sehingga teksturnya menjadi tidak rata. Karena masalah ini sangat mengganggu dan membuat orang jadi tidak percaya diri, maka sebaiknya diatasi agar kulit menjadi rata seperti sedia kala.

Bacaan Lainnya

Penyebab Kulit Bopeng

Masalah kulit bopeng tidak muncul begitu saja, namun merupakan akumulasi dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan baik disadari maupun tidak.

  • Memencet jerawat
  • Jerawat parah
  • Tindakan yang kurang tepat
  • Paparan sinar matahari

Dengan mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah bagi kita untuk mencari cara memperbaiki kulit bopeng.

Jenis-jenis Bopeng

Kondisi scar atau bopeng pada wajah juga terbagi menjadi beberapa jenis. Akan tetapi, penanganannya tetap sama.

  • Rolling scar, cekungan yang berbentuk panjang dan mirip bekas parut.
  • Boxed scar, cekungan ini berukuran besar dan terlihat jelas.
  • Ice pick scar, sesuai namanya, jenis cekungan ini seperti bintik-bintik pada es batu dengan karakteristik kecil-kecil dan tidak terlalu dalam.
  • Hypertrophic scar, cekungan pada kulit yang disertai kemerahan.

Cara Memperbaiki Kulit Bopeng

Terdapat dua metode untuk mengatasi masalah bopeng di wajah, yaitu medical treatment dan skincare routine. Masing-masing metode memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, namun tetap memberikan hasil yang signifikan.

Medical treatment adalah cara memperbaiki kulit bopeng yang paling cepat dan efektif. Beberapa pilihan treatment untuk membuat tekstur kulit rusak menjadi mulus di antaranya dermaroller, laser fractional resurfacing, dan microneedling.

BACA JUGA: 5 Cara Menghaluskan Kulit Kasar, Kering & Sensitif

Konsultasikan dengan dokter untuk menemukan treatment terbaik yang sesuai dengan kulitmu. Medical treatment bisa memberikan hasil yang cepat, namun menghabiskan banyak biaya. Tarif untuk satu kali treatment laser berkisar 1,5 hingga 2 juta. Dalam beberapa kasus, diperlukan pengulangan treatment untuk mendapatkan kulit yang benar-benar mulus.  

BACA JUGA: Cara Merawat Kulit Kombinasi, Kontrol Minyak di Area T-Zone

Skincare untuk Mengatasi Kulit Bopeng

Untungnya, ada solusi yang lebih hemat biaya dalam memperbaiki tekstur kulit rusak yang memiliki bopeng. Menggunakan skincare routine sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin memperbaiki kondisi kulit. Namun, metode ini butuh proses yang panjang dan hasilnya bertahap (tidak instan).

Pilih skincare yang mengandung bahan-bahan berikut.

Snail Mucin

Snail mucin juga dikenal sebagai lendir siput. Kandungan ini mulai digunakan dalam pembuatan produk skincare yang bertujuan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Snail mucin memungkinkan kulit untuk beregenerasi, sehingga masalah bopeng dapat teratasi. Salah satu produk yang memiliki kandungan ini adalah COSRX Advanced Snail 92 All in One Cream.

Vitamin C

Paparan sinar matahari turut berkontribusi dalam kerusakan tekstur kulit. Menggunakan skincare yang mengandung vitamin C adalah termasuk cara memperbaiki kulit bopeng paling ampuh. Alasannya karena vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari ancaman faktor luar, termasuk sinar matahari. Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop adalah serum yang memiliki kandungan ini.

Centella Asiatica

Tanaman pegagan juga dikenal sebagai centella asiatica dan gotu kola. Centella asiatica berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dalam kulit, sehingga pemakaian rutin dapat menjadikan wajah lebih mulus dan bersih. Kandungan ini terdapat pada NPURE Face Toner Centella Asiatica.

Retinol

Sebagai zat anti aging, ternyata retinol juga bisa mempercepat regenerasi sel kulit. Jika kulit bopeng membuat wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, maka retinol bisa menjadi solusi awet muda. Retinol sebaiknya digunakan di malam hari untuk meningkatkan efektivitasnya. Bisa coba dengan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule.

Ceramide & Peptide

Manfaat ceramide untuk kulit diantaranya menjadikan wajah terasa lembab dan kencang. Menggunakan skincare yang mengandung ceramide dapat menjadikan kulit mulus dan terbebas dari masalah bopeng. Salah satu produk yang bisa dicoba adalah The Aubrey Ceramide Soft Cream atau Glowlabs Peptide Moist.

Menemukan skincare yang tepat memang butuh proses berbulan-bulan. Namun, kamu bisa menghemat biaya dan mendapatkan keuntungan lebih banyak dari skincare. Dengan menggunakan produk yang mengandung komponen-komponen di atas, kulit wajah tidak hanya terbebas dari bopeng tapi juga menjadi tampak lebih muda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *