Hadiah Lebaran Ramah Lingkungan, Dukung Zero Waste

  • Whatsapp

Ragam, SAKATA.ID: Jika biasanya parcel selalu berisi sembako dan pakaian, kini kita bisa ikut mendukung zero waste dengan hadiah lebaran ramah lingkungan. Dengan memanfaatkan barang-barang tradisional, kita tidak hanya membantu mengurangi sampah, tetapi juga mendukung industri kreatif. 

Istilah zero waste mengacu pada kata nol dan pembuangan, yang artinya tidak menghasilkan sampah sama sekali. Zero waste bisa dilakukan dengan tiga cara: mencegah sampah masuk, mendaur ulang, dan menyumbang ke bank sampah. Tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus kado sama dengan mencegah sampah masuk. Pembungkus kado dari kardus atau anyaman bambu bisa didaur ulang. 

Bacaan Lainnya

Relaxing Kit

Menjaga kondisi mental sama pentingnya dengan merawat tubuh. Di dalam tubuh yang terawat, terdapat jiwa yang stabil. Relaxing Kit berisi barang-barang yang berguna untuk menenangkan suasana hati, meredakan stress, dan melancarkan sirkulasi darah. Kamu bisa membuat hadiah lebaran dengan lilin aromaterapi, teh bunga-bungaan, dan bath salt. 

Lilin aromaterapi terbuat dari soy wax dengan wewangian aneka ragam, mulai dari lavender untuk menangkal serangga dan membuat tidur lebih nyenyak. Teh chamomile dapat meredakan stress dan menghilangkan pusing akibat panik. Bath salt dapat digunakan saat mandi, berendam di air hangat, atau dijadikan body scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Self Care Kit 

Kemudian, hadiah lebaran ramah lingkungan bisa juga berupa self care kit. Isinya mulai dari sabun dan sampo batangan, loofah (serat tanaman) sebagai pengganti shower puff, sikat gigi, sisir, dan cotton pad dari bambu. Lengkapi juga dengan crochet pad sebagai pengganti kapas sekali pakai. Bedanya, crochet pad bisa dicuci dan digunakan kembali. 

Sabun dan shampo batangan biasanya dibuat dari bahan-bahan alami yang tidak menggunakan pengawet. Walaupun kebanyakan orang lebih suka menggunakan shampo cair kemasan, sudah ada beberapa hotel yang menyediakan shampo batang untuk tamu. Dengan menggunakan shampo batang, kita tidak perlu menambah sampah botol plastik.

Wooden Cutlery Set

Peralatan makan dari kayu berisi sendok, garpu, pisau, dan sedotan bambu juga bisa menjadi ide hadiah lebaran ramah lingkungan. Belakangan ini marak penggunaan sedotan aluminium sebagai pengganti sedotan plastik. Tapi ternyata, kehadiran sedotan alumunium tidak menjadi solusi, karena menghasilkan banyak limbah dari proses pembuatannya. 

Limbah dari hasil pembuatan sedotan alumunium ini mencemari perairan dan membahayakan biota laut. Lebih aman pakai sedotan bambu yang bisa digunakan ulang dan tidak menghasilkan limbah yang mencemari perairan. Agar dapat dibersihkan kembali, lengkapi dengan sikat khusus sedotan, ya!

Itulah beberapa ide untuk membuat hadiah lebaran ramah lingkungan. Selain mengurangi jumlah sampah, kado yang unik bisa menciptakan kesan unik dan kekinian dengan pengemasan yang estetika. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *