Hepatitis Misterius Serang RI? 3 Anak Dilaporkan Meninggal Dunia Masih Diinvestigasi

Hepatitis misterius
Hepatitis/Net

Ragam, SAKATA.ID: Hepatitis misterius mulai menyerang Indonesia. Dilaporkan ada tiga pasien anak yang meninggal dunia.

Informasi ini dikutip SAKATA.IDdari Detik pada Selasa (3/5/2022). Bahwa Kementerian Kesehatan kini tengah melakukan investigasi terkait dengan infeksi hepatitis yang belum diketahui penyebabnya.

Bacaan Lainnya

Pada 30 April 2022, dilaporkan bahwa ada tiga pasien anak dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo. Disebutkan, ketiga anak tersebut menunjukkan gejala hepatitis akut hingga meninggal dunia.

Data Kementerian Kesehatan mengungkap, ketiganya merupakan pasien rujukan dari Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, pada Minggu (1/5/2022) mengimbau masyarakat agar tetap tenang.

Ia menegaskan, selama masa investigasi ini, dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang.

Sebaiknya, masyarakat tetap melakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan kalau makanan dalam keadaan matang dan bersih.

Kemudian, agar tidak bergantian alat makan, serta menghindari kontak dengan orang sakit dan tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat.

20 Negara Terjangkit Wabah Hepatitis Misterius

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah melaporkan data kasus hepatitis ‘misterius’ yang semakin meningkat.

Kini, totalnya mencapai 228 pasien dari sedikitnya 20 negara.

Hal tersebut diungkapkan juru bicara WHO Tarik Jasarevic kepada wartawan di Jenewa, dikutip dari Medical Xpress pada Selasa (3/5/2022).

Ia mengungkapkan, pada 1 Mei, setidaknya ada 228 kasus yang mungkin dilaporkan ke WHO dari 20 negara. Dengan lebih dari 50 kasus tambahan yang sedang mereka selidiki.

Dari daftar negara yang dirilis WHO itu, sebagian besar kasus berasal dari Eropa tetapi ada yang lain di Amerika, Pasifik Barat, dan dari Asia Tenggara.

Jasarevic menyampaikan, WHO pertama kali menerima laporan hepatitis ‘misterius’ ini pada 5 April. Yakni, 10 kasus di Skotlandia yang terdeteksi pada anak usia di bawah 10 tahun.

Kemudian, setelah itu, kasus hepatitis ‘misterius’ semakin meningkat di Inggris. Jumlahnya menjadi sekitar 100 orang.

Lalu, ada beberapa gejala hepatitis ‘misterius’ yang wajib diwaspadai: yakni;

Urine gelap, Kotoran pucat, berwarna abu-abu. Kemudian, menguningnya bagian putih mata atau kulit atau jaundice. Kulit yang gatal, Nyeri otot atau sendi, Demam, Mual, muntah, atau sakit perut, dan kelesuan atau kehilangan nafsu makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.