FINNEAS Can’t Wait to be Dead, Manusia dan Internet

Hiburan, SAKATA.ID: FINNEAS Can’t Wait To Be Dead telah rilis pada Rabu (21/10/20). Penyanyi, pencipta lagu, dan produser yang juga kakak dari Billie Eilish, FINNEAS memang seorang musical genius. Rasanya tak perlu lama-lama untuk mendengarkan karya-karyanya dari satu rilis ke rilis yang lain. Hanya dalam hitungan bulan pun fans sudah bisa terpuaskan.

Dalam single terbarunya, pria kelahiran tahun 1997 ini menulis refleksi mengenai hubungan manusia dan internet. Hal ini terjadi terutama karena konsumsi Internet yang memang sudah dinikmati oleh banyak orang di era modern ini. Namun, semua kepraktisan yang diawalkan oleh teknologi ini juga datang dengan hal buruk lainnya.

Bacaan Lainnya

Ini merupakan single keduanya tahun di era pandemi setelah sebelumnya merilis What They’ll Say About Us bulan lalu. Sebelumnya Ia telah merilis Album EP Blood Harmony pada Oktober 2019.

Mengeksplorasi Emosi yang Didapat dari Internet

Durasi yang berlebihan menggunakan internet memang tidak baik. Produktivitas bisa menurun karena terlalu banyak berinteraksi dengan yang jauh. Namun tidak hanya durasi, jenis informasi yang dikonsumsi juga mempengaruhi. Lagu FINNEAS Can’t Wait To Be Dead tercipta dari rasa frustasinya akan situasi politik dan SARA di Amerika Serikat, negeri yang semakin terbelah di sosial media seperti dilansir Rolling Stone (21/10/20).

“Aku senang lagu ini bisa bermakna apa pun untuk siapa pun yang mendengarkannya tapi untukku, ini adalah sebuah lagu tentang hubunganku dengan internet,” tuturnya seperti dikutip oleh Pitchfork pada Rabu (21/10/20).

“Khususnya di tahun pemilihan umum. Apalagi selama masa pandemi. Kadang, internet membuatku tertawa, kadang ini membuatku menangis, kadang ini membuatku penuh dengan harapan. Namun terkadang, internet membuatku ingin mati,” pungkasnya.

Diciptakan dan Diproduksi Sendiri

Satu hal yang membanggakan dari musisi muda yang juga pernah berperan di serial Glee ini adalah Ia melakukan segalanya sendiri. Mulai dari menemukan inspirasi, penggodokan ide, penulisan lirik, hingga produksi musik. Referensi yang banyak pun tampaknya merupakan faktor dari selalu tidak membosankannya setiap single yang ia rilis.

Pada bagian verse pertama Finneas Can’t Wait To Be Dead tertulis, “Seseorang mengantarkanmu ke rumah, tapi mereka tak mengenalmu. Kamu di jok belakang mobil.” Bagian ini bisa diartikan bagaimana orang melakukan manipulasi di internet.

Dengan kalimat, gambar, maupun video yang persuasif. Namun mereka bahkan tak mengenal kita. Mereka di depan, dan kita sebagai penumpang yang sedang dicuci otak ada di belakang. Sudah mutlak yang dibelakang adalah pengikut.

“Seseorang merobekmu, mencoba memberikan berita baik. Kamu tahu kita masih akan kalah,” lanjutnya. Bagian ini menggambarkan sekeras apapun kita mencoba positif, namun politikus selalu saja menang dan kita akan selalu kalah.

“Tak ada yang datang menyelamatkanmu. Tak seorang pun tahu lebih baik juga. Aku pikir kita memikirkan hal yang sama. Jika ini akhirnya, tak kudengarkan,” senandungnya dalam bagian reff. Ia menyatakan bahwa suara publik hanya dibutuhkan saat awal, saat susah tak ada yang akan menyelamatkannya dan bila saja kita tahu akhirnya akan seperti ini, maka kita tak akan mendengarkan.

Produksi yang minimal di awal, hanya petikan gitar akustik, untuk kemudian satu persatu elemen instrumen masuk dan menyatu sungguh membuat pendengar masuk ke dalam lagunya secara perlahan juga. Saat drum mulai terdengar di situlah emosi yang ingin disampaikan lagu ini terasa.

Respon Fans pun Beragam

Komentar pun membanjiri kolom komentar Youtube dari lagu Can’t Wait To Be Dead ini. Seorang pengguna menulis, “Finneas memang jenius. Pria ini hanya memproduksi permata!”

Disusul komentar tentang bagaimana suasana yang tepat untuk mendengarkan lagu berdurasi 2 menit 56 detik ini. “POV (sudut pandang): pacarmu menyetir mobilmu dan kamu berada di tempat yang damai sementara angin mempermainkan rambutmu dan kamu mendengar lagu ini dalam volume maksimal.”

Lalu ada pula yang telah jatuh cinta pada karya-karyanya hingga hanya selalu mendengarkan lagu-lagunya. “Jujur, Aku menghabiskan hariku setiap hari mendengarkan lagu-lagunya. Aku ngefans BANGET”

Itulah bahasan singkat single terbaru FINNEAS Can’t Wait To Be Dead yang sudah bisa didengarkan di platform musik streaming mana pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.