Penyebab Munculnya Ketombe dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
ilustrasi
foto ilustrasi

Kecantikan, Sakata.id: Penyebab munculnya ketombe sering tidak disadari, namun perlu diwaspadai. Jika kurang menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari, ketombe akan mudah muncul dan menyebabkan rasa gatal. Kulit kepala yang terasa gatal tentu sangat mengganggu kegiatan terlebih lagi saat menghadiri acara penting. 

Meski ketombe tidak menular, namun kita harus menghilangkannya supaya kondisi tetap terjaga. Banyak orang percaya bahwa ketombe muncul akibat kulit kepala yang kering. Akan tetapi, kondisi kulit kepala yang berkeringat dan berminyak juga bisa memicu ketombe. 

Bacaan Lainnya

Penyebab Munculnya Ketombe

Agar masalah kulit kepala yang gatal dapat teratasi dengan baik, ketahui apa saja yang menyebabkan kemunculan ketombe. Dengan mengetahui penyebabnya maka kita akan lebih mudah menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk. 

Jarang Keramas

Kurang menjaga kebersihan kulit kelapa adalah penyebab munculnya ketombe. Secara alami, kulit kepala memproduksi minyak. Apabila kita menyisir rambut secara rutin, minyak alami tersebut bisa disebarkan ke seluruh batang rambut agar tampak berkilau. 

Akan tetapi minyak alami rambut juga bisa menyebabkan debu dan kotoran menempel apabila tidak dibersihkan. Inilah sebabnya mengapa kita perlu keramas secara rutin, karena shampoo dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit kepala. 

Pastikan kamu melakukan keramas 3-5 kali dalam seminggu. Frekuensi keramas juga bisa disesuaikan dengan pola kebiasaan sehari-hari. Jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, mungkin kamu perlu lebih sering keramas.

Tidur dalam Keadaan Rambut Basah

Setelah keramas, pastikan kamu mengeringkan rambut terlebih dulu. Gunakan hair dryer agar rambut kering lebih cepat, atau lakukan kegiatan ringan sembari menunggu rambut kering dengan sendirinya. Jangan langsung tidur ketika rambut masih basah karena kebiasaan ini merupakan penyebab munculnya ketombe. 

Ketika rambut basah, air dari rambut bisa berpindah ke bantal atau ranjang. Menggunakan bantal dan ranjang yang basah bisa menyebabkan berbagai keluhan. Tak hanya kulit kepala gatal, area kulit lain pada tubuh juga berpotensi mengalami gatal dan alergi. 

Produk Perawatan yang Tidak Cocok

Jika selama ini kamu merasa tidak nyaman dengan shampoo, conditioner, atau minyak rambut yang kamu pakai, bisa jadi itu penyebab munculnya ketombe. Produk perawatan yang tidak cocok membuat kulit kepala memberi reaksi penolakan dengan memproduksi minyak lebih banyak. Kondisi inilah yang memicu rasa gatal di kulit kepala. 

Agar tidak salah dalam memilih perawatan rambut, kenali kondisi rambutmu dengan baik. Rambut yang tebal dan bercabang memiliki kebutuhan berbeda dengan rambut tipis yang rontok. Setiap produk perawatan biasanya ditujukan untuk masalah yang berbeda-beda, sesuaikan khasiat produk dengan kebutuhanmu, ya!

Sharing Alat Pribadi 

Sisir, topi, dan handuk adalah peralatan pribadi yang tidak boleh kamu pinjamkan pada orang lain meski tinggal serumah. Berbagi alat pribadi dengan orang-orang serumah tidak hanya menyebabkan kulit kepala gatal, tapi juga bisa menjadi media penyebaran kuman. Gunakan satu sisir untuk satu orang untuk menerapkan pola hidup bersih. 

Pastikan bahwa sisir, topi, dan handuk yang kamu pakai dicuci secara berkala. Ada baiknya kamu juga menyediakan handuk cadangan untuk berjaga-jaga. Selalu menggunakan handuk bersih dapat mencegah kemunculan ketombe. Selain itu, kamu juga tidak akan terganggu oleh bau yang berasal dari handuk kotor.

Stres atau Banyak Pikiran

Meski jarang disadari, pikiran seseorang juga mempengaruhi kondisi kesehatannya. Ketika sedang stres atau banyak pikiran, kulit kepala cenderung menjadi kering dan terasa gatal. Beberapa orang memiliki kebiasaan menggaruk kepala saat cemas. Dalam kasus yang parah, stres bisa sebabkan kerontokan. 

Agar kondisi rambut tetap terjaga, penting bagi kita untuk memiliki manajemen stres. Mengatur ulang prioritas dapat membantu kita menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dulu. Jika ada tugas yang tidak bisa diselesaikan sendiri, tidak ada salahnya meminta bantuan. 

Penyebab munculnya ketombe memang bisa berasal dari mana saja. Mulai dari kebersihan kulit kepala yang kurang terjaga, tidur ketika rambut masih saja, dan perawatan rambut yang tidak cocok. Akan tetapi, penggunaan alat pribadi seperti sisir dan handuk juga tidak boleh sembarangan. Memakai peralatan pribadi orang lain bisa menjadi media perpindahan kuman yang sebabkan kulit kepala gatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *