Imbas Pandemi Bagi Musisi, Hendra S Marcusi: Pemerintah Harus Beri Solusi

  • Whatsapp

Regional, CIAMIS: Pandemi Covid-19 telah melemahkan berbagai sektor kegiatan, termasuk pertunjukan off air musik. Musisi makin surut pendapatannya, karena pekerjaan mereka hampir hilang.

Dalam konteks lokal, para musisi yang biasa mendapatkan panggung untuk mengisi hiburan di berbagai tempat seperti kafe mengalami sepi job. 

Bacaan Lainnya

Kendati demikian dalam sisi kekaryaan, musisi lokal Ciamis tidak pernah berhenti bermusik. Mereka mengisi ruang-ruang digital dengan konten-konten musik yang mereka buat. 

BACA JUGA: Pemkab Ciamis Perpanjang Lagi PPKM Berskala Mikro

Hal tersebut diutarakan musisi senior yang juga owner QR Studio Ciamis Hendra S Marcusi dalam wawancara memaknai Hari Musik Nasional 2021 pada konteks lokal. 

Situasi yang dialami para musisi lokal di Ciamis pada saat ini, kata Hendra, harus mendapatkan dorongan dari pemerintah daerah. Pemerintah harus menghadirkan solusi. 

BACA JUGA: Tips Memilih Rok yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

“Di masa pandemi, dimana tempat hiburan dibatasi, tentu sangat berpengaruh pada para musisi yang bekerja menghibur di tempat-tempat tersebut. Harus dicari solusi agar mereka tetap mendapatkan pekerjaan jasa pertunjukan,” kata Hendra, Selasa (9/3/2021). 

Beberapa hal kata Hendra bisa dilakukan seperti melalui pertunjukan online atau apapun yang tidak melanggar Prokes Pencegahan Covid-19. 

BACA JUGA: Warga Banjaranyar Ciamis Usul ke DPRD, Kembangkan Pariwisata dan Minta Pelatihan UMKM

“Beberapa waktu ke belakang itu sudah dilakukan Pemkab melalui Dinas Pariwisata. Itu cukup membantu. Semoga ke depan bisa rutin,” kata Hendra.

Dikatakan Hendra, pemerintah memang sudah seharusnya memberikan dorongan pada potensi sumber daya manusia. Sesuai Kepres Nomor 10 Tahun 2013 tecantum bahwa musik adalah ekspresi budaya universal yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan sekaligus berperan untuk memajukan pembangunan nasional. 

“Untuk kepentingan lokal saya pikir tidak jauh berbeda. Pemerintah daerah harus lebih optimal mendorong potensi musisi yang ada di Ciamis melalui program maupun sarana prasarana,” kata Hendra. 

Salah satu sarana prasarana yang sangat dinanti bukan oleh semua insan seni dan budaya di Ciamis kata Hendra, adalah Gedung Pertunjukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *