5 Menu Takjil Saat Berbuka Puasa, Bisa Bikin Sendiri

  • Whatsapp

Kuliner, SAKATA.ID: Menu takjil saat berbuka puasa merupakan pilihan bagus karena makanan yang manis dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Setelah menahan lapar dan haus sepanjang hari, maka makanan manis berikut ini dapat melepas rasa haus sekaligus menurun asam lambung. 

Makanan manis memang banyak digemari karena selain pas dihidangkan saat berbuka, kamu juga bisa mengkreasikannya buah pisang menjadi beberapa menu. Berikut ini adalah menu takjil saat berbuka puasa yang gak pernah bikin bosan. 

Bacaan Lainnya

Kurma

Buah kurma memiliki banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh, selain itu rasanya juga manis. Kurma bisa dimakan langsung dan memiliki daya simpan yang panjang sehingga tidak akan cepat busuk. 

Untuk kamu yang menyukai dessert, kurma bisa dikreasikan menjadi pancake. Caranya campurkan terigu, gula, dan telur dengan mixer lalu beri mentega yang sudah dicairkan. 

Siapkan teflon dan beri sedikit mentega, panaskan dengan api kecil. Tuang satu sendok sayur adonan pancake, tunggu hingga matang. Saat disajikan, beri cincangan buah kurma di atas pancake. 

Kolak Pisang

Menu takjil untuk berbuka puasa kali ini menggunakan pisang dan labu sebagai bahan utamanya. Bumbunya cuma perlu air, gula merah, santan instan, dan garam secukupnya. 

Cara membuatnya pun sangat mudah. Potong-potong terlebih dulu pisang dan labu sebelum dimasak. Campurkan semua bahan ke dalam panci dengan api sedang, aduk hingga mendidih. 

Kolak pisang dengan labu siap disajikan untuk menemani waktu berbuka. Baik disajikan hangat ataupun dingin, akan sama-sama enak, apalagi ditambah es batu. 

Pisang Goreng

Jika sedang mencari menu takjil untuk berbuka puasa, pisang goreng adalah pilihan yang manis sekaligus gurih. Makanan ini sudah pasti banyak dijumpai karena kulitnya yang renyah namun isinya empuk karena ada pisang di dalam. 

Untuk membuatnya, kupas pisang membentuk kipas. Campurkan telur, garam, dan gula kemudian aduk rata bersama tepung terigu. Beri tepung tapioka juga. 

Celupkan pisang ke adonan, lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan. Selesai deh, pisang  goreng sudah siap untuk disantap. 

Pisang Ijo

Masih ada lagi kreasi menu takjil berbuka puasa yang menggunakan pisang sebagai bahan utama. Es pisang ijo merupakan kudapan enak yang menyegarkan dan juga bisa kamu bikin sendiri di rumah. 

Campurkan tepung beras, garam, air, dan air daun suji ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Tiriskan adonan, pakai untuk membalut pisang. 

Kukus pisang selama 20 menit, lalu sajikan dengan es serut dan sirami dengan selai. Ada juga yang menambahkan meses coklat dan taburan kacang sebagai topping. 

Es Cendol

Walaupun es cendol merupakan menu tradisional namun bisa dikreasikan menjadi kekinian. Awalnya, es cendol menggunakan tepung hunkwe dan gula merah. Namun kini kita bisa menambahkan durian, es krim, bahkan puding coklat sebagai topping. 

Untuk membuat cendol perlu cetakan khusus. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung hunkwe, air, air daun suji, dan sedikit garam. Kamu bisa menggunakan santan untuk membuat kuahnya. Setelah dingin, sajikan dengan es batu. 

Itulah menu takjil yang sering kita temukan saat buka puasa dan bisa dibikin sendiri di rumah. Dengan resep sederhana ini, menu jadi lebih bervariasi karena bisa dibuat beraneka ragam. Jangan lupa berbagi dengan teman atau anggota keluarga. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *