Cara Membuat Corn Dog, Jajanan Kaki yang Populer Korea

  • Whatsapp

Kuliner, SAKATA.ID: Cara membuat corn dog mozarella ternyata mudah, bagi penggemar K-pop tentunya sudah sering dengar ya dengan nama tersebut. Karena makanan ini berasal dari Korea Selatan yang kini populer di Indonesia.

Ketika melihat orang yang memakan corn dog ini pasti kan terasa ingin ikut memakannya juga. Kenapa sih bisa begitu, karena setiap gigitan corndog ini terdapat mozarella yang meleleh menjadi panjang dan pastinya lezat.

Bacaan Lainnya

Untuk Anda nih yang ingin tahu cara membuat corn dog, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini. Rasa pasti ga akan kalah dengan bikinan orang Korea, tetap mantap pokoknya.

Bahan Utama Corn Dog

Bahan-bahannya bisa Anda dapatkan di supermarket maupun di pasar tradisional ya, seperti 200-250 gram keju mozzarella, harus dipotong-potong seukuran sosis saja ya. Kemudian 5 buah sosis bratwurst yang potong juga menjadi dua bagian.

Untuk bantang memegangnya pastikan Anda juga membeli 10 batang tusuk sate agar ya. Lalu beli juga bahan-bahan yang akan dibuatkan menjadi adonan, seperti:

  • 200 gram tepung terigu.
  • 100 ml air.
  • 100 ml susu cair.
  • 1 butir telur ayam.
  • 1 sendok teh baking powder.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1/2 sendok teh gula pasir.

Yang paling berpengaruh pada pembuatan corn dog ini adalah tepung roti ataupun panir/panko yang fungsinya untuk kapisan luaran dari bahan yang sudah diolah tersebut. Biar tambah afdhal, jangan lupa beli untuk pelengkapnya, seperti saus sambal, tomat, mayones ataupun gula pasir.

Cara Membuat Corn Dog Mozarella

Yang harus Anda lakukan pertama adalah tusuk sebatang sosis yang dan keju mozarella yang sudah dipotong pada tusuk sate. Kemudian balur setiap tusukan sosis keju dengan tepung terigu, untuk hasil yang bagus maka simpan di freezer selama 10 menit sampai dingin.

Sambil menunggu sosis dan kejunya dingin di lemari es, maka campurkan bahan-bahan yang akan diolah dengan aduk rata hingga bertekstur sangat kental. Lalu diamkan dan tunggu hingga adonan mengembang.

Setelah mengembang maka keluarkan tusukan sosis dan keju dari freezer, lalu celupkan setiap tusukan pada adonan yang sudah mengembang. Untuk luarnya balur tusukan sosis dan keju mozarella yang sudah dilapisi adonan dengan tepung panir.

Jika perlu remas-remas agar tepung panir menempelnya secara sempurna, setelah oke bentuknya maka simpan di dalam lemari es selama 30 menit. Goreng corndog dengan minyak banyak atau sampai tenggelam, perhatikan juga apinya harus kecil, sampai tingkat kematangannya yakni berwarna coklat keemasan.

Pelengkapnya juga sangat penting agar menambah citra rasa dalam membuat corndog, tambahkan saus tomat, sambal, dan juga mayones. Rasa dijamin enak dan gurih dari adonannya, pedas yang keluar dari saos sambalnya, dan sedikit asam dengan mayonesnya.

Perpaduan yang sangat bagus sekali pada jajanan kekinian ala korea ini dan akan memberikan ekspektasi ketika kita jajan di Korea. Karena dimakannya akan cocok ketika Anda sedang menonton drama korea.

Menurut bahan-bahan yang digunakannya pun jajanan ini terbilang sehat apalagi jika Anda menggunakan kentang. Namun tutorial kali ini hanya menggunakan sosis dan mozarella saja tapi tetap enak kok.

Dari cara membuat corn dog diatas tentunya cocok untuk Anda saat di rumah bikin sendiri jajanan yang lagi hits di Indonesia ini. Jangan sampai terlewatkan ya rasa dari mozarella yang meleleh di setiap gigitannya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *