Dibalik Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Manfaat Pare untuk Kesehatan
Pare/Net

Kesehatan, SAKATA.ID: Pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah bernama latin momordica charantia biasanya dihidangkan bersama siomay.

Meski sebagai lalapan, tapi banyak manfaat buah ini untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat.

Bacaan Lainnya

Meskipun cukup banyak orang yang tidak menyukainya sebenarnya pare memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Rasanya yang pahit membuat pare kurang dimintai sebagian orang, padahal pare mengandung berbagai nutrisi di dalamnya.

Beberapa nutrisi yang ada di dalam Pare seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, zat besi, flavonoid, fenol, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, dan lain-lain.

Berkat kandungan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang ada di dalamnya membuat pare memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

Bagi sebagian orang rasa pahit pada pare menjadi ciri khas yang mereka sukai jika Anda termasuk orang yang menyukainya, manfaat pare yang akan dibahas berikut ini wajib Anda simak hingga akhir.

1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Sejak dulu pare dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah, tidak heran banyak penderita diabetes yang mengonsumsi pare.

Itu karena pare dipercaya dapat menstimulasi produksi insulin serta membantu meningkatkan kinerja tubuh dalam mencerna gula.

Pare juga mampu membantu menurunkan kadar fruktosamin di dalam tubuh, sehingga memungkinkan seseorang yang mengonsumsi pare untuk mengatur kadar gula di dalam darahnya dalam jangka panjang.

2. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat pare untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, namun manfaat pare satu ini masih belum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Kadar kolesterol jahat yang berlebihan dapat memicu adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan terkena penyakit jantung.

Ketika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami penurunan, kesehatan dan fungsi jantung akan tetap terjaga dan berfungsi dengan optimal.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa pare mengandung vitamin C yang berlimpah, vitamin C termasuk antioksidan yang berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit kanker.

Selain itu, pare juga mengandung beberapa agen antibakteri dan anti-virus serta mengandung senyawa anti-parasit yakni agen anthelmintik yang dapat membantu tubuh mengeluarkan cacing parasit.

4. Mengatasi Permasalahan Kulit

Manfaat pare untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi permasalahan kulit, baik yang disebabkan oleh jamur ataupun bakteri.

Ini disebabkan oleh kandungan senyawa anti-jamur dan anti-bakteri yang terkandung di dalam daun pare yang dapat membantu melawan infeksi pada kulit.

Beberapa masalah kulit yang bisa diatasi di antaranya seperti kurap dan kudis, cara cukup dengan mengekstrak daun pare lalu dioleskan pada bagian kulit yang bermasalah.

Kandungan senyawa anti-inflamasi yang terdapat pada pare dapat membantu mengatasi eksim dan psoriasis pada kulit.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pare untuk kesehatan tulang disebabkan oleh kandungan vitamin K, vitamin K yang ada di dalam pare termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak.

Mendapatkan asupan vitamin K yang cukup akan membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga terhindar dari pengeroposan tulang.

Vitamin K berguna untuk membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh dan membantu proses pembentukan protein osteokalsin dalam proses pengerasan tulang.

Selain baik untuk kesehatan tulang vitamin K juga membantu mengatur pembekuan darah dengan cara membantu pembentukan protrombin.

Ketika mengalami kekurangan protrombin akan membuat tubuh mudah mengalami memar meskipun hanya mengalami cedera ringan.

6. Membantu Mengatasi Gangguan Pernapasan

Pada pengobatan tradisional Tiongkok pare digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan yakni seperti batuk kering, asma, bronkitis sejak ratusan tahun lalu.

Khasiatnya dalam mengatasi gangguan pernapasan terjadi karena pare memiliki sifat antihistamin, anti-inflamasi, dan anti-virus.

Meskipun pare memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan, pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan, seperti sakit kepala, sakit perut, dan perut kembung.

Manfaat pare untuk kesehatan memang sangat baik namun konsumsilah dengan porsi yang wajar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *