Jajanan Serba Aci Asal Bandung, Enak dan Murah Meriah

  • Whatsapp

Kuliner, SAKATA.ID: Jajanan serba aci asal Bandung banyak digemari karena selain murah, rasanya enak dan gurih. Tahukah kamu, apa itu aci? Jadi, aci adalah tepung tapioka atau tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Umumnya aci dibuat menjadi adonan lalu digoreng.

Tak hanya di Bandung, jajanan serba aci sudah lumrah bagi masyarakat Sunda seperti Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis. Biasanya sering ditemui pedagang kaki lima dengan gerobak di dekat area sekolah atau tempat wisata. Berikut ini aneka makanan ringan yang terbuat dari aci.

Bacaan Lainnya

Cireng (Aci digoreng)

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng dan banyak digemari oleh seantero Nusantara. Cireng dibuat dari perpaduan tepung kanji dengan tepung tapioka, kemudian dikaliskan, dibentuk pipih dan digoreng.

Cara terbaik menikmati cireng adalah ketika masih hangat. Bisa menggunakan bumbu kacang, saus sambal, atau bumbu rujak yang sedang tren “cireng banjur”. Bisa juga dimakan langsung dengan hanya menggunakan bumbu gurih.

Cimol (Aci digemol)

Jajanan serba aci berikutnya adalah cimol. Rasanya lezat dan sulit dilupakan, terbuat dari tepung kanji dan terigu. Sesuainya namanya, aci digemol maka cara pembuatannya dibentuk bulat dan digoreng agar menjadi renyah. Kini cimol sudah bisa menggunakan bumbu keju, barbeque, dan blackpepper.

Sebenarnya cimol tergolong makanan sederhana yang mudah dibuat. Namun jika kamu belum mahir membuatnya, kemungkinan akan terkena cipratan minyak karena saat menggoreng cimol bisa meletus bahkan melompat dari wajan. Ada trik khusus dalam membuatnya.

Cilung (Aci digulung)

Cilung merupakan jajanan serba aci yang paling sering ditemui di sekolah. Selama pandemi, sekolahan diadakan secara daring sehingga anak-anak sekolah banyak merindukan cilung.

Untungnya cilung bisa dibuat dengan mudah di rumah, sehingga kita bisa kembali merasakan jajanan yang lezat ini. Cilung terbuat dari sagu yang digoreng dengan minyak panas, kemudian digulung dan dibalut dengan bumbu.

Cilor (Aci Telor)

Jajanan serba aci yang sedang tren, salah satunya cilor atau aci telor bisa kita temui hampir di setiap sudut jalan. Cara membuatnya pun sangat praktis. Mulai dari anak-anak hingga orang tua banyak yang menyukai cilor.

Selama pandemi, kita jarang menemukan cilor karena banyak berada di rumah. Tetapi kita bisa mulai membuatnya sendiri agar bisa tetap menikmati cilor, kebersihannya juga lebih terjamin.

Cilok (Aci dicolok)

Bentuknya bulat seperti bakso, hanya saja berbeda dari bahannya. Cilok merupakan makanan khas Jawa Barat yang dibuat menggunakan tepung tapioka. Tekstur yang dihasilkan sangat kenyal, kemudian disajikan menggunakan bumbu kacang atau saus cabe dan kecap. Ada juga hanya hanya menggunakan bubuk gurih.

Kesini-kesini, hadir inovasi cigor yaitu cilok goreng. Berbeda dengan cilok yang kenyal, cigor menghasilkan tekstur yang renyah dan akan semakin mantap dengan kombinasi pedas manis atau pedas asam jeruk nipis.

Jajanan serba aci di atas teksturnya ada yang kenyal di dalam dan garing di luar. Rasanya pedas dan unik. Setiap jenis makanan punya rasa yang khas meski dibuat dari bahan yang sama. Kalian suka jajanan yang mana?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *