Mahasiswa Unigal Berkreasi, Bikin Kopi Ekstrak Bawang Putih

  • Whatsapp

Kuliner, CIAMIS: Mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis berinovasi membuat kopi ekstrak bawang putih.

Bahkan kopi tersebut masuk dalam nominasi inovasi mahasiswa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bacaan Lainnya

Dosen pembimbing penelitian Kopi Ekstrak Bawang itu, Lia Yulisma. Dia mengungkapkan bahwa produk tersebut dari mahasiswa Bidang Kewirausahaan Prodi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unigal.

“Alhamdulillah dari ratusan proposal yang diajukan ke Dikti dalam program kreativitas mahasiswa, hanya ada satu yang lolos yaitu Kopi Ekstra Bawang Putih,” ujarnya, Selasa (25/5/2021).

Lia mengungkapkan beberapa kelebihan dari Kopi Ekstrak Bawang Putih itu. Menerutnya kopi ini bisa meningkatkan imun, sangat baik dikonsumsi dalam masa pandemi COVID-19 ini.

Ia menegaskan bahwa bawang putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bawang putih juga dikenal, sering digunakan sebagai obat tradisional. Dalam berbagai kondisi medis. 

Lalu, lanjut dia, di dunia kesehatan yang lebih maju juga membuktikan bahwa bawang putih sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Kopi Ekstrak Bawang Kreasi Mahasiswa Unigal

“Insyaalloh kopinya juga dijamin nikmat dan sehat. Mengandung antioksidan, vitamin B 2, B3, B5, magnesium dan natrium,” ujarnya.

Kelebihan kopi ekstrak bawang putih itu juga dari cara meroastingnya. Yakni dengan cara memakai kendi, tidak memakai mesin.

Lia juga mengungkapkan, meskipun aroma kopi ini kuat dengan bawang putihnya, tetapi tidak membuat nafas bau. Lantaran kopi melalui proses pemanggangan. 

Ia mengakui, saat ini mahasiswa yang dibimbingnya itu sedang melakukan perkembangan termasuk promosi produk untuk dipasarkan.

“Kedepan, kami akan terus meningkatkan kembali inovasi program ini. Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unigal juga bertekad mencetak seorang pendidik dan wirausahawan yang profesional,” tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *