Makanan Khas Bogor yang Enak dan Tak Terlupakan

  • Whatsapp

Kuliner, SAKATA.ID: Makanan khas Bogor yang tidak akan pernah terlupakan ketika Anda berwisata ataupun melakukan perjalanan yang melewati kota hujan tersebut. Bukan hanya terkenal dengan villa di puncak gunungnya saja.

Namun Bogor juga mempunyai makanan khas yang sangat enak dan bervariasi, tentunya bagi Anda yang suka kuliner wajib coba. Agar makannya terasa nikmat maka ketika berkuliner sebaiknya makan makanan di tempatnya.

Bacaan Lainnya

Hal itu akan menambah pengalaman Anda dalam berkuliner pada saat atau momen tertentu. Bukan hanya itu saja, citra rasa makanan khas bogor juga akan terasa kental jika Anda memakan makanannya.

Soto Kuning Bogor

Foto: Instagram – vv_luv_eatntravel

Soto kuning Bogor ini wajib banget kalian coba, karena rasanya enak banget dan pastinya bikin lidah Anda ketagihan. Terbuat dari 500gr daging sapi, 300gr babat putih rebus, 1 btg sereh, 2 ruas jari lengkuas,geprek 2 lbr daun salam 5 lbr daun jeruk.

Bukan hanya itu saja, soto kuning ini juga memakai 100 ml santan, Garam, gula, lada

12 bh bawang merah, 8 buah bawang putih 5 butir kemiri, sangrai 4 cm kunyit 3 cm jahe 1 sdt merica.

Ketika memakan soto kuning bogor ini jangan lupa tambahkan pelengkapnya seperti daun bawang, seledri iris halus, bawang goreng, jeruk limau/nipis, emping goreng dan sambal.

Setelah semua di campurkan dijamin soto kuning akan lezat saat disantap.

Lapis Bogor Sangkurian

Foto: Instagram – kuliner bogor 

Bagi Anda yang berkunjung ke kota hujan makan pulangnya wajib nih beli oleh-oleh ini karena rasa tidak ada duannya. Lapis Bogor Sangkuriang ini mau buat dimakan sendiri atau dijadikan oleh-oleh, selalu jadi pilihan. 

Udah terkenal deh, yang namanya menikmati Lapis Bogor Sangkuriang gak pernah kecewa dengan rasa dan teksturnya yang lembut. Tentunya dengan cream yang melapisi dan taburan keju berlimpah selalu jadi idola.

Uli Isi Mozarella 

Foto: Instagram – makanan khas Bogor

Uli merupakan makanan yang dibuat beras ketan, pandan, dan santan dengan cara pembuatannya dikukus. Dengan di dibentuk dengan cara dipotong rapi setelah dingin jika masih panas masih menempel. 

Saat dikonsumsi, uli bisa dimakan dengan oncom, gula pasir, atau kelapa yang disangrai, namun di bogor kini ada variasi lain dari uli adalah uli mozarella. Sebagaimana kita tahu, mozzarella adalah keju Italia yang terbuat dari susu sapi ataupun susu kerbau.

Jika Anda menyantapnya pasti akan terasa lezat perpaduan antara bahan asli dari tanah air yang dengan buatan italia. Rasa yang dihasilkan pun tidak akan terlupakan dengan lelehan keju mozarellanya.

Laksa Bogor 

Laksa adalah makanan berjenis mie yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan dari Tionghoa dan Melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal pada masyarakat Bogor adalah Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal.

Saat mencicipi Laksa Bogor, Anda akan merasakan dari kuah santan dan serundeng yang rasanya asin manis namun terasa enak di lidah. Dari laksa ada aroma kemangi yang begitu segar dan menggugah selera dengan toge yang dimatangkan dengan cara disiram juga memberikan sensasi berbeda pada makanan ini.

Roti Unyil 

Foto: Instagram – jastip tika

Roti unyil merupakan salah satu makanan yang terkenal dari Kota Bogor dengan ukuran sangat kecil. Kenapa namanya seperti itu, karena dari sejak dahulu para pembeli memberikan julukan roti unyil kepada roti yang akhirnya, nama roti unyil pun melekat hingga sekarang. 

Roti unyil akan terasa semakin enak ketika disantap saat masih hangat dan di tempatnya langsung. Namun roti ini sering dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang berkunjung ke Kota Hujan.

Dari roti unyil ini, Anda akan merasakan tiga perpaduan rasa dalam sekali gigitan yaitu gurihnya keju, manisnya pisang, dan nikmatnya coklat. Perpaduan ini akan semakin lengkap jika dinikmati bersama keluarga, sahabat, pacar ataupun gebetan.

Itulah makanan khas bogor yang harus Anda coba ketika berekreasi ataupun perjalanan bisnis ke kota hujan tersebut. Bukan untuk disantap sendiri saja, makanan ini akan sangat bermakna apabila dibawa pulang sebagai buah tangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *