10 Makanan Sunda Dari Singkong yang Jadi Cemilan di Jabar

Makanan Sunda dari Singkong.

SAKATA.ID : Makanan Sunda dari Singkong sebenarnya banyak jenis, namun kali ini akan kami bahas 10 jenis makanan saja, yang menjadi cemilan tradisi warga Jawa Barat.

Dari bahan baku satu jenis saja yaitu Singkong, bisa menjadi banyak ragam makanan yang enak.

Bacaan Lainnya

Namun kali ini kami hanya akan mengurai singkat 10 jenis saja makanan Sunda dari Singkong:

1. Goreng Singkong

Makanan Sunda dari Singkong

Singkong mentah yang dipotong-potong sebesar dua jari, disajikan sebagai makanan cemilan dengan digoreng saja.  Cocok jika dipadukan dengan minuman hangat. Seiring zaman konsep goreng singkong dimodifikasi, sehingga ada goreng singkong keju. Goreng singkong renyah dengan taburan keju. Kalau goreng singkong keju kita bisa temukan di kafe-kafe.

BACA JUGA : Harga Urung Ketupat di Ciamis Rp7000

2. Peyeum atau Tape

Makanan Sunda dari Singkong

Singkong yang sudah diproses peragian, ini biasa disebut dengan Peyeum atau Tape. Rasanya manis cenderung asam. Paling terkenal Peyeum Bandung. Peyeum bisa dikonsumsi langsung. Colenak salah satu makanan dari Peyeum yang digoreng, ditaburi gula pasir atau serbuk gula merah. Lebih cocok jadi cemilan di malam hari.

BACA JUGA : Puasa Dzulhijjah, Wajib Bagi Anggota GP Ansor Ciamis

3. Keremes

Makanan Sunda dari Singkong

Keremes berbentuk bulat berwarna kecoklatan. Bentukan bulatnya seperti akar serabut. Tetapi itu adalah Singkong yang diiris-iris tipis seperti serabut, lalu dicampur gula merah dan dibentuk menjadi bulat. Home industri Keremes banyak ditemukan di daerah Ciamis.

BACA JUGA: Sayur Asem Linggasari Bikin Makan Siang Jadi Makin Lahap

4. Keripik Kaca

Makanan Sunda dari Singkong

Kenapa disebut Keripik Kaca?, karena bentuknya bening seperti kaca. Bahkan banyak yang mengira keripik itu masih mentah. Tapi tidak begitu faktanya. Keripik kaca terbuat dari singkong yang usdah diparut lalu dikukus. Kemudian dicetak tipis-tipis dan dijemur sampai kering. Nah, tidak lagi digoreng. Keripik kaca setelah kering langsung diberi bumbu berbagai rasa dan dikemas.

BACA JUGA : Tomat Beef Petani Muda Lembang Imbangi Volume Impor

5. Combro

Makanan Sunda dari Singkong.

Combro adalah singkatan bahasa Sunda 0ncom di jero (Oncom di dalam), parutan Singkong dibentuk bulat dan didalamnya diisi oleh sambal oncom, lalu digoreng.

BACA JUGA : Benarkah Singkong dapat Mengobati Kanker ?

6. Misro

Sama seperti Combro, bedanya Misro adalah amis dijero (Manis di dalam). Didalam nya bukan berisi oncom tetapi gula merah.

BACA JUGA : Ternyata, Alumunium Foil Bisa Sembuhkan Nyeri Sendi

7. Kecimpring

Makanan Sunda dari Singkong

Sama seperti proses membuat combro. Kecimpring juga dari parutan Singkong. Namun dicetak tipis-tipis dan dijemur. Setelah kering barulah digoreng. Di Jawa Barat, kecimpring jadi makanan yang biasa disajikan di ruang tamu di rumah.

BACA JUGA : Bata Dinding Hemat, Bisa Dipasang Tanpa Bantuan Tukang

8. Mendut

Makanan Sunda dari Singkong

Mendut salah satu jenis makanan seperti lontong, tetapi isinya adalah parutan singkong yang dicampur gula merah.

9. Keripik Singkong

Keripik Singkong banyak diproduksi di indsutri rumahan di Jawa Barat.

Keripik singkong sudah menjadi cemilan yang menasional bahkan ada pabrikan keripik singkong yang sudah terkenal dan bermerk.

Makanan Sunda dari Singkong

10 . Opak Beca

Opak beca, adalah parutan singkong yang sudah dicampur bumbu perasa lalu dicetak bulat dan digaris-garis dengan menggunakan garpu. Lalu dijemur sampai kering, dan digoreng. Opak beca ini menjadi salah satu makanan khas sunda asli Tasikmalaya.

Makanan Sunda dari Singkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.