Masakan Khas Lebaran dari Tiap Daerah, Terkenal di Indonesia

  • Whatsapp

Kuliner, SAKATA.ID: Tak hanya ketupat dan opor ayam, ternyata masakan khas lebaran dari tiap daerah sangat beragam.

Ada semur daging, rendang, hingga sayur labu siam kerap ditemui pada saat hari raya atau pernikahan. 

Bacaan Lainnya

Usai melaksanakan Salat Ied, pastilah kegiatan selanjutnya saling bermaaf-maafan lalu makan bersama dengan keluarga. Momen makan bersama tak lengkap rasanya jika tidak menghadirkan masakan khas lebaran dari tiap daerah. 

Semur Daging (Jakarta)

Selain opor ayam dan ketupat, semur daging menjadi masakan yang sering ditemui saat hari raya. Terutama di meja-meja warga Betawi. Selain kaya akan protein, semur daging menghadirkan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. Masakan ala ibukota ini paling nikmat jika dimakan saat hangat. 

Gulai Nangka (Medan)

Masakan khas lebaran dari Medan adalah gulai nangka. Potongan nangka yang digabungkan dengan daging iga, ceker, dan kacang panjang. Dengan bumbu santan kental yang gurih, gulai nangka banyak disukai oleh orang Medan dan sekitarnya. 

Rendang (Padang)

Rendang adalah masakan yang memiliki banyak variasi, namun ciri khasnya selalu pedas dengan menggunakan bumbu dan rempah. Rendang juga merupakan salah satu kuliner Indonesia yang populer secara internasional. Selain dinikmati saat hari raya, rendang juga sering disajikan saat acara pernikahan. 

Ayam Gagape (Makassar)

Masakan khas lebaran di Makassar dan sekitarnya adalah ayam gagape. Tampilanya mirip opor ayam namun memiliki rasa yang jauh lebih gurih karena memakai tambahan kelapa parut sangrai. 

Soto Banjar (Banjarmasin)

Di Banjarmasin, masakan ini dijadikan menu sehari-hari namun tetap istimewa jika disantap pada hari raya. Soto banjar memiliki rasa yang khas, mulai dari suwiran ayam kampung, telur rebus, bawang goreng, dan ketupat. 

Ayam Woku (Manado)

Ayam woku adalah masakan khas lebaran dari tiap daerah yang tidak jauh berbeda dengan ayam bumbu rujak. Namun, ayam woku khas Manado memiliki ciri khas dari rasa dan tingkat kepedasan. Bumbu dan rempah yang digunakan membuat masakan ini jadi yang paling dinanti saat lebaran. 

Sayur Labu Siam

Sayur labu siam adalah menu pendamping opor ayam dan ketupat saat lebaran. Hampir di tiap keluarga, sayur labu siam selalu hadir melengkapi acara makan bersama karena mudah dimasak. 

Sambal Goreng kentang

Makanan pendamping selanjutnya adalah sambal goreng kentang. Sesuai namanya, masakan ini memberikan rasa pedas. Dibuat menggunakan kentang dan ati ampela yang dimasak bersama bumbu rempah-rempah. Masakan khas lebaran dari tiap daerah tak lengkap rasanya jika tidak disertai dengan sambal goreng kentang. 

Itulah beberapa masakan khas Indonesia yang sering kita temui saat hari raya. Acara makan bersama keluarga akan jadi berkesan jika makanan disantap selagi hangat. Selain itu, keberadaan menu pendamping juga tidak boleh dilewatkan. 

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *