Odading Mendadak Viral, Makanan Apa Sih Itu?

Kuliner, SAKATA.ID : Makanan Odading menjadi viral sejak video penjualnya bernama Mang Sholeh (Oleh) melakukan promosi dengan kata-kata nyeleneh bahkan kasar ditambah nada ngegas.

Review makanan odading itu dibuat oleh artis Instagram m.adelondok. Videonya banyak menarik orang lantaran ia mereview kue ini dengan kalimat nyeleneh.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa kalimat yang membuat masyarakat tertarik dan mengingatnya seperti “Rasanya (setelah dimakan) seperti Anda menjadi Iron Man”.

Beberapa kata kasar di video itu juga begitu diingat oleh masyarakat.

Bahkan odading Mang Oleh yang berada di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung itu menjadi lebih laris. Sampai-sampai pembelinya mengantre panjang.

Tapi ternyata banyak orang yang tidak tahu makanan ini. Odading merupakan kudapan khas Bandung. Sekarang ini semakin ramai diperbincangkan.

Artis Anya Geraldin yang menanyakan makanan khas Bandung ini.

Pagi, katanya, Serius nanya, odading apasi?. Begitu cuitan Anya di dalam media sosial Twitter.

Roti goreng khas Bandung ini sebenarnya bisa dibuat di rumah dengan bahan yang sederhana. Dan cara pembuatannya pun tidak rumit.

Setelah ramai, beberapa koki pun membagikan resep membuat odading. Resep dari Pastry cook The Jayakarta Suite Bandung Lucky Nugraha yang akan dibagikan di sini.

Lucky yang juga Chef asal Sunda itu memaparkan, jika ingin membuat odading hanya butuh bahan utama sebagai berikut :

  1. Tepung terigu
  2. Telur
  3. Gula, dan
  4. Ragi instan

Dia memaparkan, persiapkan 250 gram tepung terigu protein tinggi, kemudian 1 buah telur, 60 gram gula pasir, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan ragi instan, 60 gram susu full cream, dan 100-200 ml air.

Cara Membuat Odading

  • Pertama, katanya, larutkan ragi instan ke dalam air hangat biarkan sampai berbuih.
  • Selanjutnya campurkan semua adonan kering, lalu sisihkan.
  • Langkah berikutnya, kocok telur dan gula sampai gula larut. Masukkan ke dalam adonan kering dan campur rata. Tambahkan larutan air, ragi instan, serta full cream. Aduk sampai kalis.
  • Lalu istirahatkan adonan dan tutup dengan kain lembap atau plastik selama 20 menit
  • Nah setelah itu, potong adonan dan goreng dengan api sedang. Goreng sampai coklat keemasan. Setelah itu sajikan odading selagi hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.