Resep Gyoza Ayam, Kudapan Jepang Kekinian

  • Whatsapp

Kuliner, SAKATA.ID: Resep gyoza ayam ini merupakan kudapan khas Jepang. Mendapat pengaruh dari Cina dan mirip seperti pangsit atau dimsum kukus.

Perlu diketahui bahwa kulit pembungkus gyoza harus dibuat setipis mungkin agar bisa menonjolkan tekstur dan cita rasa dari isian adonan yaitu ayam. Cara melipat kulit gyoza pun memiliki keunikan tersendiri dan lumayan menantang untuk dicoba. 

Bacaan Lainnya

Bahan-bahan Resep Gyoza Ayam

  • 150 gram tepung terigu.
  • 1 sdm tepung tapioka.
  • 1/4 sdt garam. 
  • 90 ml air panas mendidih.
  • 400 gram daging ayam cincang.
  • 20 gram wortel.
  • 1 batang seledri.
  • 4 sdm minyak goreng. 
  • 1 bungkus bumbu nasi goreng instan. 
Langkah Pertama: Membuat Kulit

Dalam wadah baskom, aduk terigu, tapioka, dan garam sampai rata lalu buat cekungan di bagian tengah untuk resep gyoza ayam. Tuang minyak goreng dan air panas, aduk cepat hingga rata menggunakan sendok kayu. Uleni hingga adonan menjadi kalis. Diamkan sekitar 20 menit agar adonan menjadi lentur saat dicetak. 

Bagi adonan menjadi empat bagian, lalu giling dengan pasta maker dari ukuran paling tebal. Kemudian lanjutkan dengan ukuran paling tipis. Cetak adonan tipis menjadi bentuk bulat berdiameter 8 cm hingga semua habis. Tiap lembar kulit gyoza harus ditaburi dengan terigu agar tidak saling menempel.

Langkah Kedua: Membuat Isian

Potong wortel ukuran dadu kecil dan cincang seledri. Campurkan dengan ayam cincang dan beri bumbu instan, lalu aduk rata. Koreksi rasa dengan mencicipi sedikit adonan yang direbus atau digoreng. 

Ambil selembar kulit gyoza, beri isian di tengahnya sekitar 1 sdt. Tangkupkan menjadi setengah lingkaran, lipat, dan tumpuk sepanjang sisi. Bagian ujung harus ditekan sedikit agar menempel. Teruskan hingga resep gyoza ayam habis. 

Langkah Ketiga: Memasak Gyoza

Panaskan minyak pada wajan, gunakan minyak sedikit saja. Goreng gyoza dan biarkan bagian bawahnya menjadi kecoklatan. Beri air hingga 1/4 bagian gyoza terendam, tutup wajan. Biarkan hingga airnya habis dan kulit gyoza perlahan akan menjadi transparan serta matang. Angkat lalu sajikan dengan saus.  

Cara memasaknya juga unik karena menggabungkan metode menggoreng dan merebus. Gyoza digoreng dengan sedikit minyak di teflon atau wajan datar anti lengket hingga berwarna kecoklatan. Kemudian, beri sedikit air dan masak dengan wajan tertutup agar bagian dalamnya matang dan memberi efek transparan pada kulit. 

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *