5 Kreasi Hiasan Dinding, Bisa Dibuat Sendiri

Lifestyle, SAKATA.ID: Berikut ini beberapa kreasi hiasan dinding yang bisa dibuat sendiri. Menghias rumah adalah kegiatan yang menyenangkan apalagi jika hiasan yang dibuat merupakan buatan tangan sendiri. Selain meningkatkan kreativitas, hal ini juga tidak memerlukan banyak biaya yang banyak. 

Cukup dengan barang-barang bekas yang tidak dipakai lagi di rumah atau sampah yang bisa didaur ulang dapat diubah menjadi barang baru yang menghiasi dinding rumah. 

Bacaan Lainnya

Ambalan Heksagonal

Anda hanya memerlukan beberapa stik eskrim dan lem tembak untuk membuat ambalan heksagonal sebagai kreasi hiasan dinding. Susun satu persatu stik es krim membentuk persegi enam sambil diberi lem pada tiap ujung stik es krim. Anda dapat menempel sebanyak lima atau lapis di tiap sisinya. Setelah kering anda dapat menambahkan warna pada ambalan heksagonal buatan anda menggunakan cat semprot.

Anda dapat membuat 3 atau 4 ambalan heksagonal dengan ukuran yang sama lalu tempelkan pada dinding menggunakan paku atau double tape yang kuat agar tidak jatuh. Lalu Anda dapat menambahkan hiasan dinding yang kecil seperti foto, lampu hias atau bunga berukuran kecil.

Jam Dinding

Jika Anda punya loyang panggang kue tart yang sudah tidak dipakai, anda dapat memakainya untuk membuat kreasi hiasan dinding berupa jam unik. Bersihkan loyang bekas lalu warnai dengan cat semprot. Buat lubang pada tengah-tengah loyang untuk tempat mesin jam.

Sesuaikan angka 1 sampai 12, lalu tempelkan stiker 3D untuk menandai angka-angka tersebut. Pasang mesin jam dinding pada tempatnya, juga dengan jarum jamnya. Dan tara.. Jam kreasi hiasan dinding buatan Anda sudah jadi.

Poster 

Untuk membuat hiasan dinding satu ini sangatlah mudah. Hanya membutuhkan gambar/ kalimat bijak yang anda cetak pada kertas HVS, styrofoam seukuran kertas HVS, double tape dan  washi tape warna-warni.

Sesuaikan kertas pada styrofoam, setelah itu tempelkan sedikit double tape pada belakang kertas HVS. Lepas lapisan atas double tape lalu tempelkan kertas pada styrofoam. Tambahkan juga double tape pada sudut-sudut kertas agar tertempel sempurna.

Terakhir, tempelkan washi tape pada pinggiran kertas dan styrofoam sebagai bingkai. Anda dapat meletakan poster sebagai hiasan dinding kamar, ruang tamu atau dapur anda.

Dinding Warna-Warni

Punya dinding yang masih polos dan ingin Anda makeover agar terlihat lebih menarik. Anda dapat menggunakan cara satu ini untuk membuat hiasan dinding. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa warna cat yang akan Anda aplikasikan pada dinding dan masking tape.

Pertama, pastikan dinding yang akan dicat sudah bersih dari debu dan kotoran yang menempel. Buat pola dengan berbagai bentuk menggunakan masking tape. Setelah itu cat pola yang sudah anda buat menggunakan cat dinding. Warna yang beragam akan membuat dinding menjadi lebih eye catching. Setelah cat kering, lepas masking tape dari dinding. Hasilnya, dinding anda terlihat cantik dan colorfull.

Vas Bunga Gantung

Kalau biasanya vas bunga berbentuk tabung, kali ini akan lebih berbeda. Karena selain digantung, bahan yang akan digunakan sebagai vas adalah talenan kayu bekas. Ya, talenan kayu pasti ada di setiap dapur. Namun penggunaannya yang tidak bisa bertahan lebih dari 6 bulan, membuat peralatan satu ini harus diganti secara berkala. 

Daripada membuangnya, Anda dapat memanfaatkannya dan mengubah menjadi barang yang bernilai estetik.

Bahan yang Anda perlukan adalah talenan bekas, 1 atau 2 tangkai bunga sintetis, kardus bekas potong ukuran 10cm X 8cm, kawat tipis, dan lem tembak untuk menempel. 

Pertama, bersihkan talenan lalu satukan semua tangkai bunga lalu rekatkan dengan kawat tipis agar tidak terlepas. Tempel bunga tersebut pada talenan menggunakan lem tembak sampai menempel sempurna.

Lalu lekukkan kardus yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran tadi dan membentuk setengah lingkaran lalu tempel mengelilingi tangkai bunga yang menempel pada talenan. Anda dapat menghias potongan kardus tersebut sebelumnya sesuai dengan keinginan anda.

Setelah selesai, Anda bisa menggantungnya pada dinding ruangan anda dengan paku.

Mempercantik ruangan rumah tidak perlu dengan budget khusus atau biaya yang mahal. Kreasi hiasan dinding bisa menggunakan barang bekas yang ada dan peralatan yang Anda pakai sehari-hari. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.