7 Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Tubuh

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Lisfestyle, Sakata.id:- Buah yang berbentuk menyerupai buah anggur berwarna ungu kehitaman ini juga memiliki sebutan lain, yakni buah duwet. Manfaat buah jamblang sangat baik untuk kesehatan. 

Pohon jamblang biasanya tumbuh di daerah tropis dan di dalam buahnya mengandung banyak nutrisi.

Bacaan Lainnya

Nutrisi yang terkandung pada buah jamblang di antaranya adalah vitamin C, beta karoten, niasin, kalium, zat besi, fosfor, kalsium, natrium, dan serat yang baik untuk pencernaan.

Buah ini memiliki sebutan lain di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang kerap kali disebut duwet, jamun, jambolan, jambul, java plum lainnya. 

Tidak hanya tumbuh di Indonesia pohon jamblang juga ditemukan di kawasan Asia Selatan, seperti di negara India, Pakistan, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Saat ini keberadaan buah jamblang cukup langka terutama di daerah perkotaan karena berkurangnya habitat pohon jamblang di Indonesia.

7 Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Tubuh

Biasanya buah jamblang dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat tanpa diolah terlebih dulu, sejak dulu buah ini juga digunakan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat buah jamblang dipercaya masyarakat zaman dulu dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat buah jamblang simak ulasan berikut:

Dapat Menangkal Radikal Bebas dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Udayana Bali menyatakan bahwa buah jamblang mengandung banyak vitamin C.

Manfaat buah jamblang yang kaya kandungan vitamin C ini berguna sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Tidak hanya dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang yang mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup.

Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, seseorang tidak mudah terserang virus dan bakteri saat beraktivitas di luar rumah.

Agar daya tahan tubuh tetap kuat sebaiknya mengonsumsi buah jamblang secara rutin setiap hari dalam jumlah yang wajar.

Asupan nutrisi yang berlebihan juga tidak dianjurkan, lebih baik sesuai takaran yang dianjurkan karena sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan malah akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Ketika hendak mengonsumsi buah jamblang sebaiknya memilih buah yang sudah matang karena vitamin C yang ada di dalamnya lebih tinggi jika dibandingkan saat masih mentah. 

Ciri buah yang yang sudah matang biasanya berwarna ungu kehitaman dan biasanya rasanya lebih manis.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia ditemukan bahwa pada 100 gram buah jamblang terkandung 33 mg kalsium dan 138 mg fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan kalsium di dalam buah ini sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi pada tubuh.

Sedangkan pada kandungan fosfor yang ada di dalamnya bermanfaat untuk membantu gusi dan email gigi agar tetap yang sehat.

Membantu Mengurangi Risiko Anemia

Selain kaya akan kandungan vitamin C dan kalsium, buah jamblang juga mengandung zat besi yang cukup tinggi dan berguna untuk mengurangi risiko kekurangan darah.

Kandungan zat besi pada buah jamblang memiliki peran penting dalam menghasilkan sel darah merah pada tubuh.

Sehingga dapat membantu mengurangi risiko terserang anemia jika dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan.

Membantu Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa buah jamblang dapat menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Hal tersebut disinyalir karena di dalam buah jamblang terdapat kandungan gula, asam, dan tanin yang seimbang. 

Sehingga komposisi tiga kandungan di dalam buah jamblang tersebut dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah jamblang selanjutnya dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menstabilkan kadar kolesterol pada tubuh.

Kandungan buah jamblang tersebut adalah tanin yang dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat menstabilkan kadar kolesterol yang tinggi.

Baik untuk Pencernaan dan Meningkatkan Kinerja Saluran Kemih

Kandungan serat yang ada di dalam buah jamblang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah jamblang secara rutin dengan jumlah yang cukup.

Dapat membantu seseorang terhindar dari sembelit, diare, disentri, konstipasi, dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu juga buah jamblang mengandung asam galat yang dapat meningkatkan kinerja saluran kemih.

Bersifat Anti Kanker

Dalam penelitian kandungan fitokimia bioaktif yang termasuk senyawa polifenol dan flavonoid di dalam buah jamblang memiliki sifat anti kanker.

Jadi dengan mengonsumsi buah jamblang dapat menurunkan risiko terserang penyakit kanker.

Demikian ulasan terkait manfaat buah jamblang yang baik untuk kesehatan, selain rutin mengonsumsi buah jamblang dengan jumlah yang cukup. 

Berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *