Alasan Pakai Tabir Surya, Meski Tidak Keluar Rumah

alasan pakai tabir surya

LIFESTYLE, Kecantikan:- Alasan pakai tabir surya yang merupakan skincare tahap akhir adalah karena kulit butuh perlindungan dari efek buruk sinar matahari. Produk tabir surya sering kita temui dengan label sun protection, sunscreen, atau sunblock. Di Amerika,penggunaan nama sunblock dilarang karena dianggap menyesatkan.

Pelarangan nama sunblock dilarang karena membuat orang menganggap produk tersebut bisa melindungi kulit dari pagi hingga sore hanya dengan sekali mengoles. Padahal sama seperti sunscreen, penggunaan  sunblock juga harus diulang setiap tiga jam sekali.

Bacaan Lainnya

Memasuki pandemi Covid-19, orang mengalami perubahan gaya hidup dengan tidak keluar rumah. Ketika berada di rumah sepanjang waktu, orang mungkin berpikir apa alasan pakai tabir surya karena paparan sinar matahari tidak mengenai kulit secara langsung.

Ini Alasan Pakai Tabir Surya Meski Tetap di Rumah

Sinar matahari terdiri dari UVA dan UVB yang bisa menembus kaca dan mengenai kulit. Meski sedang berada di dalam rumah, sinar matahari yang mengenai kulit dapat mengakibat keluhan seperti:

  • Kulit cepat kusam, kasar dan bersisik
  • Muncul kerutan dan garis-garis halus
  • Flek hitam membandel
  • Kemerahan pada kulit sensitif

Lebih sulit menghilangkan keluhan pada kulit yang terkena sinar matahari secara barbar, itulah alasan pakai tabir surya. Salah satunya untuk meminimalisir kerusakan pada kulit.

Cara Memilih Tabir Surya

Dalam memilih tabir surya atau sun protection, Anda harus mengenali jenis kulit terlebih dulu. Beberapa produk tabir surya memiliki tekstur yang berbeda-beda. Cari review sebanyak-banyaknya sebelum membeli tabir surya. Kecuali jika Anda  senang mencoba produk baru, maka Anda harus siap dengan kemungkinan produk tidak cocok

Kulit Berminyak dan Kombinasi: pilih tabir surya yang memberi efek matte. Biasanya kata ‘matte finish’ akan tertulis pada label produk, entah pada bagian judul, klaim, atau deskripsi.

Kulit Sensitif dan Acne Prone: pilih tabir surya yang ringan dengan non-nano formula. Alasan pakai tabir surya non-nano adalah karena kulit tipe ini rentan berjerawat, sehingga perlu lebih hati-hati dalam memilih produk. Tabir surya dengan formula non-nano dapat membentuk lapisan pelindung, dan tidak terserap kulit.

Kulit Kusam: pilih tabir surya dengan efek tone up. Kini sudah hadir pilihan tabir surya yang bisa memberi efek lebih cerah secara instan, sehingga dapat memperbaiki kekurangan pada wajah. Namun kita tak bisa menggunakan tone up sunscreen sebagai pengganti bedak, apalagi tidak cocok bagi kulit sawo matang.

Cara Memakai Tabir Surya

Dalam artikel Urutan Pakai Skincare, telah disebutkan bahwa tabir surya digunakan tahap akhir. Gunanya untuk mengunci rangkaian skincare yang telah dioles pada tahap-tahap sebelumnya dan kulit menjadi terlindungi.

Setelah memakai cream pelembab adalah waktu yang paling tepat dalam memakai tabir surya. Meski di luar sana banyak beredar day cream dengan kandungan SPF, tetapi kekuatannya dalam melindungi kulit dari sinar matahari tidak sebagus tabir surya. Idealnya, gunakan produk tabir surya terpisah dari pelembab.

Keluarkan produk sunscreen andalan sebanyak dua ruas jari. Di awal-awal, ini mungkin terasa berlebihan karena memenuhi wajah, tetapi lama kelamaan tabir surya akan menyesuaikan diri dengan kulit untuk membentuk lapisan.

Dalam menggunakan sunscreen, Anda perlu mempersiapkan waktu sekitar 30 menit sebelum terkena sinar matahari. Sedangkan sunblock bisa langsung dipakai ketika berada di bawah matahari, namun memiliki tekstur yang lebih padat dan lengket.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Meski sama-sama tabir surya, keduanya memiliki cara kerja berbeda dilihat dari komposisi. Secara umum, produk sunscreen mengandung octocrylene, mexoryl XL, SPF dan PA. Sedangkan sunblock mengandung titanium dioxide, sebagian orang merasa tidak nyaman dengan kandungan ini.

Karenanya, sunscreen lebih digemari karena terasa lebih ringan di wajah. Menentukan produk tabir surya terbaik bagi kulit harus dilakukan dengan berdiskusi lewat forum, membaca dan melihat review sebanyak mungkin, serta mempelajari komposisi.

Merawat kulit tidak akan lengkap tanpa kehadiran sun protection. Alasan pakai tabir surya sebagai perlindungan adalah karena kulit tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Dengan demikian, manfaat dari skincare dapat optimal berkat adanya tabir surya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.